SOLOPOS.COM - Yeni Inka, pedangdut asal Kabupaten Blora (Instagram/@yeniinka)

Solopos.com, BLORA — Meskipun mendapat predikat sebagai daerah tersepi di Jawa Tengah dengan berdasarkan pada buku Provinsi Jawa Tengah dalam Angka 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Kabupaten Blora bukan berarti sepi akan potensi. Dengan maraknya lagu-lagu bertema ‘ambyar’ khas dari almarhum Didi Kempot, kini bermunculan pedangdut-pedangdut muda daerah dan sekarang naik daun, salah satunya adalah Yeni Inka.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022), perempuan berusia 20 tahun asal Kabupaten Blora ini belakangan menjadi sorotan publik dengan dijuluki ‘Ratu Ambyar Indonesia.’ Karier bernyanyi dangdutnya dimulai sejak akhir 2019 silam dengan menyayi sejumlah lagu-lagu dangdut campursari berbahasa Jawa dan dia unggah di platform media sosialnya, seperti Youtube dan TikTok.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Videonya menjadi viral saat dirinya mengunggah lagu berjudul Tattu Anyar (Luka Baru). Ada beberapa lagu yang sudah ia nyanyikan ulang dan ditonton oleh ratusan orang, di antaranya lagu Rembulan Malam, Aku Bukan Jodohnya, hingga Lemah Teles.

Baca juga: Blora, Kabupaten Tersepi di Jateng Tapi Kaya Minyak

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtubenya, video-video yang diunggah Yeni telah menuai jutaan penonton. Salah satunya yang berjudul Melepas Lajang yang berhasil menuai 4,2 juta penonton digital dalam waktu 3 minggu saja.

Karena video-videonya yang viral, pemilik nama lengkap Yeni Inka Novitasari ini pernah mendapat peringkat pertama di tangga Youtube Indonesia, di mana dia mengalahkan pendangdut-pedangdut yang lebih senior, seperti Guyon Waton dan Happy Asmara. Bahkan, dia mampu berada di atas group K-Pop yang paling difavoritkan, seperti BTS dan Blackpink.

Baca juga: Gurihnya Ikan Jendil, Makanan Khas Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah

Dia juga pernah berkolaborasi dengan pelantun Kertonyono Medot Janji, Denny Caknan dan membawakan lagu berjudul Tresno Waranggono, ciptaan Nurbayan.

Meskipun tidak mengeyam pendidikan tinggi, Yeni yang merupakan lulusan SMP Negeri 1 Randublatung Blora ini memiliki latar belakang akademis yang tinggi. Tercatat sejak bangku Sekolah Dasar (SD) dari kelas 1-5, dia selalu juara kelas. Bahkan dia sempat mengikuti lomba cerdas cermat di daerahnya. Dia bahkan juga pernah bergabung dalam tim Paskibraka untuk Kabupaten Blora pada 2013 silam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya