SOLOPOS.COM - CEO Educa Studio, Andi Taru (kanan) saat memberikan materi dalam acara talkshow Membangun Jiwa Kewirausahaan dan Mencari Ide Bisnis dalam Program Your Proud UKSW Salatiga, Jumat (25/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGAUniversitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga memiliki Program Young Entrepreneur Progressive and Outstanding (Your Proud).

Melalu program yang baru ini, mahaiswa UKSW dapat merasakan serunya berkuliah. Tidak hanya belajar di dalam kelas, Program Your Proud UKSW Salatiga ini juga mendukung mahasiswa mewujudkan bisnisnya melalui proses prainkubasi, inkubasi, hingga pascainkubasi dengan bimbingan mentor pengusaha.

Hal ini diungkapkan Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK), Dr. Linda Ariany Mahastanti, dalam acara pembukaan Program Your Proud di halaman samping Rumah Noto, Jumat (25/8/2023).

Dr. Linda Ariany Mahastanti menuturkan bahwa program yang sejalan dengan visi UKSW sebagai entrepreneurship research university ini diharapkan dapat menjadi pionir untuk menyebarkan jiwa kewirausahaan mahasiswa.

“Harapannya, dalam kurang lebih empat bulan ke depan, mahasiswa dapat mengembangkan bisnis mereka sehingga nantinya dapat dikembangkan di daerah asal dan menciptakan lapangan pekerjaan,” terangnya.

Para mentor, lanjutnya, juga merupakan dosen atau alumni yang memiliki usaha akan memberikan insight, membimbing pembuatan prototipe hingga mendapatkan investor.

“Selain dapat mengembangkan bisnisnya, 12 kelompok mahasiswa ini juga dapat mengkonversikan program ini menjadi delapan SKS [satuan kredit semester) mata kuliah,” terangnya.

Ditambahkannya, 12 kelompok mahasiswa yang mengikuti program ini sudah lolos seleksi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) secara eksternal maupun internal. Kelompok mahasiswa tersebut akan dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan juga dana internal UKSW.

Rektor UKSW, Prof. Dr. Intiyas Utami, dalam sambutannya mengungkapkan mahasiswa harus menyadari talenta yang Tuhan berikan. Diungkapkannya, dari kurang lebih 15.500 mahasiswa UKSW ditambah 2.500 mahasiswa baru bakal melahirkan usaha-usaha di setiap daerah dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Hargai alam yang luar biasa dan talenta yang Tuhan berikan. Jadilah pribadi luar biasa yang menjadi versi terbaik. Saya berharap akan muncul ribuan entrepreneur dari UKSW,” tandasnya.

Senada, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (RIK), Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, mengatakan peserta Your Proud adalah pionir lulusan berwirausaha yang bukan mencari pekerjaan, namun akan menciptakan lapangan pekerjaan nantinya.

Dalam pembukaan Program Your Proud ini digelar talkshow bertema Membangun Jiwa Kewirausahaan dan Mencari Ide Bisnis dengan dua narasumber, yaitu CEO of Educa Studio, Andi Taru Nugroho Nur Wismono serta CEO of PT Naruna Ceramic, Roy Wibisono Anang Prabowo.

Dalam paparan materinya, Andi Taru Nugroho dan Roy Wibisono memberikan sharing mengenai bisnis yang mereka jalani, cara memasarkan produk, hingga tips mengatasi kegagalan dalam berbisnis.

Selain dua mentor yang merupakan narasumber talkshow, beberapa mentor lainnya yang akan membimbing mahasiswa mengembangkan bisnisnya adalah Pemilik Sayur Organik Merbabu, Shofyan Adi Nugroho dan Pemilik Dapur Wieda, Wieda Nugvitri (keduanya adalah alumni UKSW).

Mentor lainnya adalah dosen UKSW, yaitu Penemu dan Pemilik +62 Tea (Teh Moringa Celup), Dr. Yohanes Martono; Pemilik Oemah Djari Hotel & Resto, Martin Setyawan; serta Penemu dan Pemilik Bieten Thee Yoga, Aji Handoko.

Para mahasiswa tampak antusias mengikuti talkshow dengan melontarkan berbagai pertanyaan kepada narasumber. Salah satu peserta sekaligus mahasiswa Fakultas Biologi Ezra, mengungkapkan antusiasnya mengikuti program ini.

“Sangat seru dan menarik. Dari program ini bisa belajar banyak hal, semoga ide bisnis yang kami kembangkan nantinya dapat bermanfaat untuk UKSW dan Salatiga,” lanjut mahasiswa pembuat produk olahan yoghurt dan kefir ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya