SOLOPOS.COM - Hutan mangrove dan gumuk pasir di Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen. (Istimewa/Instagram @taufikfitrians2)

Solopos.com, KEBUMEN — Kabupaten Kebumen kembali memamerkan pesona alamnya yang memukau melalui destinasi wisata unggulan bernama Pantai Laguna Lembupurwo. Secara geografis, Kabupaten Kebumen berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Untuk bisa sampai di lokasi pantai yang terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Area Sawah, Kabupaten Kebumen ini dibutuhkan waktu tempuh hanya 30 menit dari pusat Alun-alun Kota Kebumen.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Pantai Laguna Lembupurwo berada di lokasi dengan ciri khas menawan, yakni di laguna telaga payau berdekatan dengan bibir pantai dan dikelilingi hutan cemara udang yang lebat. Terpisah oleh hutan yang rimbun, laguna ini merupakan muara dari Sungai Wawar yang mengalir dengan gemercik air yang menenangkan.

Pemandangan sekitar Laguna disulap menjadi sebuah oasis hijau yang dihiasi pohon bakau dan cemara yang memberikan kesan alami dan tenang.

Selain laguna, Pantai Laguna Lembupurwo juga menawarkan fenomena alam yang tak kalah menarik, yaitu keberadaan gumuk pasir aktif. Gumuk pasir ini merupakan suatu gugusan bukit pasir yang terus bergerak dan membentuk pemandangan unik.

Pasir yang bergerak secara perlahan namun pasti bila terhembus angin menciptakan lanskap yang selalu berubah, mengundang rasa ingin tahu para pengunjung untuk mengeksplorasi dan menyaksikan langsung keajaiban alam ini.

Dilengkapi pula serangkaian kegiatan atraksi di atas gumuk pasir ini yang terbentang luas. Pengunjung bisa berkesempatan menikmati sensasi bermain flying fox yang menyeberang dari atas gumuk pasir, melintasi laguna, dan mendarat di hutan cemara udang dan pantai.

Bagi penyuka tantangan dan ingin memacu adrenalin, memandangi hamparan luas panorama alam dari ketinggian menggunakan flying fox menjadi kenangan manis yang tak terlupakan.

Bagi yang ingin bersantai, pengunjung bisa berjalan di atas jembatan bambu untuk menyeberangi hutan mangrove yang menghijau sembari mengagumi keindahan pemandangan laguna. Ditambah lagi dengan pesona ikan-ikan kecil yang berenang dengan riang di perairan menciptakan suasana yang menyejukkan hati.

Tak hanya menghadirkan panorama memukau, Pantai Laguna Lembupurwo juga mengundang para pengunjung untuk merasakan petualangan menjelajahi Laguna Telaga Payau.

Dengan menyewa perahu genjot atau perahu nelayan, pengunjung bisa mengelilingi telaga air payau ini dan membiarkan diri terpesona oleh ketenangan serta keindahan alam yang terpancar dari setiap jengkalnya.

Selain destinasi wisata alamnya, pantai ini juga memegang peran penting dalam konservasi penyu lo! Garis pantainya dijadikan sebagai tempat untuk penyu bertelur di setiap tahunnya.

Lelah setelah memuaskan diri memandangi eksotisme alam? Tenang saja! Pengunjung bisa mengisi perut yang kosong sembari berteduh di warung-warung makanan yang berjejer di bawah pohon cemara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya