SOLOPOS.COM - Pesona Hutan Mangrove Logending, Kebumen. (Istimewa/Instagram @dani_caramello.photo)

Solopos.com, SEMARANG — Pesona hutan mangrove dengan sistem akar yang rumit dan kaya akan kegunaan bagi lingkungan.

Hutan mangrove melalui akar-akarnya yang menjuntai tak hanya membantu mencegah abrasi pantai dan menjaga ekosistem pesisir dari kerusakan akibat gelombang pasang yang tinggi. Hutan mangrove juga dijadikan pula sebagai objek wisata dengan keindahan yang wajib untuk dieksplorasi.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Para pengunjung dapat menjelajahi jaringan jalan setapak kayu yang mengarah ke dalam hutan, menawarkan pemandangan luar biasa tentang hutan yang menjulang tinggi dan air payau yang tenang.

Tak heran, banyak pengunjung yang berbondong-bondong memenuhi destinasi wisata yang satu ini. Diolah dari berbagai sumber, berikut tiga wisata hutan mangrove di Jateng yang punya pemandangan eksotis.

1. Jembatan Merah Hutan Mangrove Rembang

Letaknya yang berdekatan dengan Laut Jawa dan dilalui Jalan Pantai Utara Jawa membuat Rembang alias Kota Garam ini dianugerahi pantai yang membentang memamerkan keindahannya. Jembatan Merah Hutan Mangrove berada di Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang jadi salah satu jujugan pengunjung.

Hutan Mangrove Jembatan Merah Rembang
Spot foto Jembatan Merah di hutan mangrove di Rembang. (Istimewa/jmmangrovepasarbanggi.com)

Keistimewaan dari hutan mangrove ini adalah hadirnya jembatan kayu berwarna merah yang dikelilingi rimbunnya hutan mangrove berbentuk menyerupai terowongan yang biasa dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung. Di lokasi ini juga dilengkapi gardu pandang di sudut-sudut jembatan. Pengunjung bisa melihat panorama alam lanskap dengan mata telanjang.

2. Mangrove Edupark Tambakrejo Semarang

Selain terkenal sejarah dan kulinernya, nyatanya wisata Semarang satu ini juga tak kalah terkenal. Berada di kawasan pesisir Kota Semarang, wisata Mangrove Edupark Tambakrejo ini berlokasi di kawasan Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Emas, Kota Semarang.

hutan mangrove tambakrejo Semarang
Panorama hutan mangrove dari atas di Tambakrejo, Kota Semarang. (Istimewa/Instagram @phapros.id)

Untuk menuju ke hutan mangrove, pengunjung terlebih dahulu diajak melewati lautan menggunakan perahu motor. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan hutan mangrove yang menyejukkan. Pengunjung bisa mengabadikan momen di jembatan yang dibuat lurus dan berkelok.

3. Hutan Mangrove Pantai Logending

Berlokasi di kawasan Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, hutan mangrove ini tak pernah sepi dari pengunjung. Jadi sorotan karena memukau dengan panorama menawan rindangnya hutan mangrove yang menghijau.

Mangrove Logending Kebumen
Jembatan setapak di Hutan Mangrove Logending, Kebumen. (Istimewa/Instagram @widinurima)

Pengunjung juga diberi kesempatan untuk merasakan sensasi berjalan di atas air dan menjelajahi hutan mangrove melewati jembatan yang ada. Dengan keasrian alam yang ada, eksplorasi hutan mangrove ini akan menciptakan kedamaian jiwa, kesegaran, dan relaksasi dari kepenatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya