SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga Yasip Khasani saat berziarah di malam laskar perang pangeran Diponegoro di Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (3/3/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA–Mendekati Bulan Ramadan, Penjabat Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani, menyempatkan diri untuk nyadran ke salah satu makam tokoh Laskar Perang Pangeran Diponegoro yaitu Kiai Rono Sentiko yang terletak di RW 06 Prampelan, Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Minggu (3/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Yasip mengingatkan kepada masyarakat yang hadir agar selalu mengingat sejarah para pendahulu yang telah tiada. Selain itu juga untuk terus mendoakan mereka, khususnya dalam momentum mendekati bulan ramadan ini.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Jika kita bisa mengingat dan menyadari para pendahulu kita, maka rasa syukur kita akan bertambah banyak bahwa kita masih diberi kesempatan untuk meneruskan apa yang menjadi cita-cita oleh beliau-beliau semua,” kata Pj Wali Kota, Minggu (3/3/2024).

Yasip juga menitip pesan agar masyarakat selalu berdoa untuk Kota Salatiga agar nantinya dalam ajang pemilihan kepala daerah mendapatkan pemimpin yang terbaik.

“Kita bersama-sama berdoa semoga pemimpin Salatiga ke depan, pemimpin yang soleh, pemimpin yang amanah, pemimpin yang sayang dengan masyarakatnya, pemimpin yang selalu mendoakan rakyat supaya makmur semua,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua RW 06 Prampelan, Singgih Nugroho menjelaskan Kiai Rono Sentiko adalah salah satu ulama yang juga berperan dalam perang yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro.

Dia juga menjadi salah satu inisiator untuk membangun masjid Al-Atiiq di Kauman bersama Kiai Damarjati.

“Dari cerita yang ada, beliau ini adalah salah satu jejaring laskar Diponegoro yang bersama-sama dengan Kiai Abdul Wahid dan juga Kiai Damarjati jadi untuk menjadi bagian dari pasukan telik sandi, nek bahasa sakniki nggih tim intelijen lah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya