SOLOPOS.COM - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, saat menghadiri acara di Hotel Patra, Kota Semarang, Kamis (29/12/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menampung usulan kader PAN dari Jateng yang mengajukan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Kendati demikian, Zulhas, sapaan Zulfikli Hasan, tidak bisa memastikan apakah usulan kader PAN Jateng sama dengan daerah lain.

“Jawa Tengah sudah mengusulkan Ganjar ya. Itu Jawa Tengah,” kata Zulhas di Semarang, Kamis (29/12/2022).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) itu juga paham jika Jateng merupakan basis pendukung Ganjar. Maka dari itu, ia pun menerima aspirasi kadernya di Jateng yang mendukung Ganjar sebagai capres PAN untuk Pemilu 2024.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma, membenarkan jika simpatisan dan kader PAN Jateng sepakat mengusung Ganjar sebagai capres.

Menurutnya, untuk memenangkan Ganjar sebagai capres, pihaknya memasang target perolehan suara sebesar 87 persen.

“Target untuk Mas Ganjar untuk wilayah PAN Jateng 87 persen. Dan untuk target pemenangan di pusat sebesar 63 persen,” katanya.

Sementara itu, menyikapi didapatnya nomor urut 12 untuk PAN di Pemilu mendatang, Wisnu menyampaikan hal ini menjadi berkah tersendiri. Hal itu karena angka 12 merupakan nomor lama PAN di pemilu terdahulu.

“Dulu di pemilu sebelumnya PAN juga pakai nomor yang sama. KPU ketika tahap kocok nomor urut parpol sudah menawarkan kepada kami apakah akan gunakan nomor urut yang lama, dan kami putuskan untuk pakai nomor 12,” ujar Wisnu.

Wisnu optimistis dengan capaian partainya untuk pemilu nanti. Menurutnya, selama tahapan penjaringan untuk pencalonan DPRD Provinsi Jateng dan DPR pusat, PAN telah menjaring nama-nama potensial.

Sementara ini ada 69 orang yang mendaftar sebagai bakal calon untuk pemilihan DPRD Jateng dari total kuota 120 kursi. Serta sudah ada 51 orang yang mendaftar sebagai bakal calon untuk pemilihan DPR pusat.

“Untuk pencalonan DPRD yang mendaftar ada 69 orang dari kuota 120 di tingkat propinsi. Harapannya bisa dapat 8 kursi di DPRD Jateng. Kalau DPR RI yang daftar 51 orang dari kuota 578,” ungkapnya Wisnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya