SOLOPOS.COM - Foto udara suasana jual beli berbagai jenis hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba jelang Idul Adha 1445 Hijriah di pasar penanggalan Jawa (Pasaran Pon), Pasar Hewan Pon Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (10/6/2024).Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) memproyeksikan potensi ekonomi kurban Indonesia pada Idul Adha 1445 Hijriah mencapai sekitar Rp28,2 triliun dari 2,16 juta orang yang melaksanakan kurban (shahibul qurban) atau naik dari tahun 2023 lalu mencapai sekitar Rp24,5 triliun dari 2,08 juta orang yang melaksanakan kurban. ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), telah menyiapkan sebanyak 1.000 juru sembelih halal (Juleha) untuk perayaan Hari Raya Iduladha 1445H yang jatuh pada 17 Juni 2024.

Ribuan Juleha tersebut telah dibekali pelatihan khusus untuk mendukung penyembelihan atau jagal ratusan ribu hewan kurban.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Kepala Disnakkeswan Jateng, Agus Wariyanto, mengatakan para Juleha sudah dibekali Training of Trainer (ToT) untuk memperkaya ilmu penyembelihan hewan kurban.

Adapun para Juleha yang dibekali pelatihan paling banyak berada di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kudus, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Brebes dan Kota Semarang.

“Sebenarnya mereka sudah sering diikutkan menyembelih hewan kurban setiap Hari Raya Iduladha. Yang sudah pengalaman ada 500 juru sembelih. Lalu ada tambahan lagi 500 orang jadinya 1.000 juleha tahun ini yang sudah siap untuk dilibatkan saat Iduladha,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).

Selain itu, lanjut Agus, para Juleha juga diberikan tambahan pelatihan mengenai tata cara menyembelih hewan kurban yang aman, benar dan sehat untuk dikonsumsi bagi masyarakat.

Seperti di Brebes, ia mengaku pelatihan bagi para Juleha sudah berlangsung selama tiga angkatan.

Adapun di Blora, Rembang, Kudus, Kendal dan kabupaten/kota lainnya juga diberi pelatihan serupa.

Harapannya, memiliki kesiapan yang matang ketika dibutuhkan oleh setiap pengurus masjid, musala dan kampung-kampung.

“Secara berkala kami rutin memberikan peningkatan pemahaman bagi para juru sembelih hewan kurban agar senantiasa tetap mematuhi aturan ajaran Islam. Termasuk memberikan ToT bagi juru sembelih seperti di Brebes itu sudah berlangsung tiga angkatan,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, mengenai kebutuhan hewan kurban sapi untuk Iduladha diprakirakan mencapai sekitar 150.000-200.000 ekor. Oleh karena itu, Disnakkeswan Jateng telah menyiapkan sebanyak 250.000 ekor sapi.

Sementara kerbau, kebutuhan di Jateng diperkirakan mencapai 5.500 ekor dengan stok yang disiapkan sebanyak 5.600 ekor.

Sedangkan kambing, kebutuhannya diperkirakan mencapai 250.000 ekor dengan stok yang disediakan mencapai 270.000 ekor

Terakhir, kebutuhan domba diperkirakan mencapai 90.000 ekor. Adapun stok yang disediakan sebanyak 100.000 ekor atau masih surplus 100 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya