SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan calon anggota legislatif. (freepik)

Solopos.com, SEMARANGKomisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Total ada 1.473 calon anggota legislatif (caleg) yang siap bertarung untuk merebutkan 120 kursi di Gedung Berlian DPRD Jateng.

Ketua KPU Provinsi Jateng, Handi Tri Ujiono, mengatakan dari 1.473 caleg masuk dalam DCT Pemilu 2024 itu, rinciannya ada 909 caleg laki-laki dan 564 caleg perempuan. Adapun keterwakilan perempuan sebanyak 38,29 persen.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

“Perlu kami informasikan bahwa KPU RI, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 3 November menetapkan DCT untuk Pemilu DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,” kata Handi, Senin (6/11/2023).

Handi mengatakan ribuan DCT dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 tersebut terbagi ke dalam 13 Daerah Pemilihan (Dapil). Sementara untuk jumlah kursi yang tersedia di DPRD Jawa Tengah sebanyak 120 kursi.

Pascapenetapan DCT, KPU Jateng bakal mempersiapkan logistik Pemilu 2024. Hal itu meliputi bilik suara, surat suara, formulir, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami akan mempersiapkan logistik Pemilu di tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional,” imbuhnya.

Selain itu, KPU Jateng juga tengah juga mempersiapkan kebutuhan pada saat tahapan kampanye Pemilu 2024 yang dijadwalkan 28 November 2023. Kesiapam itu juga meliputi sosialisasi tentang regulasi kampanye.

“Kami menunggu 25 hari ke depan memasuki masa kampanye. Sehingga kami menyiapkan segala hal terkait dengan regulasi kampanye, baik itu pemasangan alat peraga maupun kegiatan kampanye yang diatur dalam ketentuan KPU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya