SOLOPOS.COM - Pesona sunset Candi Borobudur. (Istimewa/Instagram @infoborobudur)

Solopos.com, MAGELANG — Sebanyak kurang lebih 10.000 pelari bakal memeriahkan event Borobudur Maraton 2023 di Magelang pada Minggu (19/11/2023). Tak hanya dari dalam negeri, pelari dari luar negeri juga akan ambil bagian dalam event kali ini.

Dikutip dari jatengprov.go.id pada Kamis (9/11/2023), Wakil General Manager Event Borobudur Maraton, Budhi Sarwiadhi, mengatakan Borobudur Maraton terbagi dalam tiga race, yakni 10K, half maraton (21K), dan maraton (42K).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Racer terbanyak ada di kategori half maraton, kurang lebih sebanyak 4.500 orang. Minat pelari di half maraton cukup besar karena mereka bisa membagi waktu antara mengikuti event lari dan berwisata.

Budhi Sarwiadhi mengatakan dilihat dari komposisi asal pelarinya, sebagian besar berasal dari luar Jawa Tengah, yakni sebesar 73 persen. Sedangkan pelari dari Jawa Tengah hanya 27 persen. Strategi itu dilakukan agar perputaran ekonomi dari Borobudur Maraton lebih tinggi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengatakan event Borobudur Maraton yang akan diselenggarakan kali ketujuh ini tak hanya membawa nama baik Magelang ataupun Jawa Tengah, tapi juga membawa nama baik Indonesia. Pasalnya, banyak pelari luar negeri yang akan ikut perhelatan tersebut.

“Dari tahun ke tahun, kami harapkan event ini akan semakin baik dan tarafnya akan terus kita tingkatkan,” katanya.

Nana Sudjana mengatakan semua persiapan untuk event Borobudur Maraton sudah dilakukan. Hal itu mulai dari promosi, venue, akomodasi, hingga keamanan.

Khusus penginapan, Magelang mampu menampung hingga 85,5 persen kebutuhan. Sedangkan sisanya diperkirakan akan ada yang menginap sampai Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya