SOLOPOS.COM - Salah satu seniman mancanegara beraksi di BIAF 2023. (beritamagelang.id)

Solopos.com, MAGELANG-Sebanyak 24 seniman mancanegara ikut dari sembilan negara mengikuti perhelatan Borobudur International Art Festival (BIAF) 2023 di Balkondes Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan itu diadakan pada Minggu-Sabtu (17-23/9/2023).

Mereka bersama-sama menyuarakan pesan damai dunia melalui karya seni, salah satunya aksi body painting atau melukis dengan tubuh oleh seniman tanpa tangan, Sadikin Pard.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Seniman lukis mulut dan kaki asal Malang tersebut telah menjadi anggota pelukis di organisasi yang berpusat di Swiss, Association of Mouth and Foot Painting Artist (AMFPA) sejak lama. Hajatan budaya yang digagas Limanjawi Art House bertema One Direction ini diikuti 24 seniman dari 9 negara seperti India, Nepal, Filipina dan lainnya.

Pengelola Limanjawi Art House Borobudur sekaligus penggagas Borobudur International Art Festival 2023 Umar Chusaeni mengungkapkan acara ini memiliki tujuan sebagai edukasi untuk seniman dan masyarakat bahwa seni bisa membawa kebahagiaan dan perdamaian.

“Berkesenian tidak ada kata selesai. Kami ingin menunjukkan bahwa kehidupan ini indah dengan adanya kesenian,” kata Umar dikutip dari laman beritamagelang.id pada Jumat (22/9/2023).

Menurut Umar, rangkaian kagiatan Borobudur International Art Festival 2023 adalah workshop yang digelar mulai 17-23 September 2023, kemudian pameran kesenian mulai 23 September sampai 23 Oktober 2023 mendatang. Dalam kegiatan itu mereka juga turut membuat karya medium di atas media kanvas, media kain, kayu dan lain sebagainya.

Umar berharap, kegiatan BIAF ini akan digelar setiap tahun dan pemerintah pusat turut andil dalam kegiatan kegiatan seni budaya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal itu untuk mendukung pengembangan wisata super prioritas Kawasan Candi Borobudur agar lebih menarik bagi wisatawan.

“Harapan kami ke depan kalau acara ini berkelanjutan, pemerintah pusat harus hadir, karena Borobudur ini tak akan menarik tanpa adanya kegiatan budaya. Sehingga pemerintah sepatutnya memperhatikan agenda-agenda kesenian dan kebudayaan yang ada di Borobudur,” harap Umar.

Para seniman mancanegara yang berpartisipasi di BIAF 2023 juga bertemu Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran dan OPD terkait. Sebagaimana diketahui kegiatan tersebut diadakan di Kabupaten Magelang pada 17-23 September 2023.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para seniman Indonesia dan mancanegara yang telah ikut serta pada event Borobudur Internasional Art Festival 2023 tersebut. Menurutnya, kehadiran para seniman lukis ini banyak memberi pesan dan kesan, salah satunya bahwa di Indonesia sangat aman dan clear.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya