SOLOPOS.COM - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bersama para pelaku wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Magelang melaksanakan roadshow promosi pariwisata dan ekonomi kreatif ke Kabupaten Pasuruan dan Banyuwangi, Jawa Timur. (beritamagelang.id)

Solopos.com, MAGELANG-Pemkab Magelang melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) bersama para pelaku wisata dan ekonomi kreatif  melaksanakan roadshow promosi pariwisata dan ekonomi kreatif ke Kabupaten Pasuruan dan Banyuwangi, Jawa Timur. Roadshow dilaksanakan selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (12-14/9/2023).

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Mulyanto mengatakan kedatangan pihaknya ini guna menjalin silaturahmi dan membagi informasi kepada para pelaku wisata dan para kepala-kepala sekolah di dua kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Pasuruan dan Banyuwangi.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Tujuan kegiatan ini untuk menjalin kerja sama di antara dua daerah. Ini adalah simbiosis mutualisme untuk merajut persaudaraan di antara dua daerah. Paska pandemi, diharapkan membuka kran-kran wisata di dua daerah ini,” katanya dikutip dari beritamagelang.id pada Jumat (15/9/2023).

Dalam kunjungan promosi wisata ke Jawa Timur itu, dia mengungkapkan bahwa Kabupaten Magelang berada di titik tengah Pulau Jawa. Daerahnya juga dikelilingi sejumlah gunung. Tidak berlebihan jika alamnya dikenal memiliki beragam keindahan yang berbeda dengan yang lain, dan memiliki ciri khas.

“Daerah kami juga memiliki sejumlah daerah tujuan wisata, utamanya alam. Kami juga memiliki salah satu cagar budaya yang sudah diakui UNESCO yakni Candi Borobudur sebagai warisan dunia. Untuk mendukung hal tersebut, saat ini kami memiliki 57 desa wisata tersebar di sejumlah kecamatan. Ini sebagai penyangga kawasan Candi Borobudur,” jelasnya.

Sebanyak 57 desa wisata itu, lanjut Mulyanto, diharapkan akan mampu menyambut dan menangkap peluang kehadiran wisatawan mancanegara maupun domestik.

“Desa-desa wisata ini, terus kami dorong untuk menyambut kedatangan wisatawan. Hal ini sebagai tindak lanjut ditetapkannya kawasan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Ekawara Brehaspati menyambut baik kedatangan rombongan roadshow promosi wisata dari Kabupaten Magelang tersebut.  “Kami menyambut baik kedatangan rombongan dari Kabupaten Magelang ini. Ini adalah kolaborasi yang baik. Beberapa waktu lalu, kami juga pernah ke Magelang. Ke Balkondes dan beberapa desa wisata. Semoga ke depan, kerja sama ini akan terus terjadi sehingga dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya