SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur ayam. (freepik)

Solopos.com, SEMARANG–Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya menjamin keterjangkauan pangan menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini. Salah satu strategi yang telah disiapkan yakni menghadirkan 300 kios pangan murah di 24 kabupaten/kota di Jateng.

Kepala Dishanpan Jateng, Dyah Lukisari, mengatakan ratusan kios pangan murah tersebut milik warga yang sudah mendapatkan subsidi harga dari pemerintah. Kios itu diharapkan menjadi solusi bagi warga ketika harga melambung tinggi, terutama di hari besar keagamaan.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“Tersebarnya di 19 kabupaten dan 5 kios di desa dampingan. Jadi kios murah hadir di 24 kabupaten. Ini juga upaya untuk menghadirkan pangan murah [jelang hari besar keagamaan nasional],” kata Dyah kepada wartawan, Kamis (22/2/2024).

Lebih jelasnya, kios pangan murah tersebut hadir menjual beras dan telur dengan harga miring di desa miskin; wilayah rawan pangan; desa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA); serta di daerah pantauan inflasi.

“Kios pangan murah ini kita berikan pada daerah dengan kemiskinan ekstrem banyak, yang daerahnya ada desa dampingan kemiskinan ekstrem SKPD, nanti kita drop barang murah beras dan telur,” jelasnya.

Dyah menyebut kios ini sebetulnya sudah ada sejak akhir tahun 2023 dan tahun ini kembali dianggarkan.

“Kuota yang dijual memang terbatas. Tahun kemarin [2023] tiap kios mendapat 600 kg beras/bulan dan 300 kg telur/bulan. Tahun ini karena anggaran terbatas kita beri kuota 100 kg telur/bulan dan beras 300 kg/bulan,” terangnya.

Adapun di kios pangan murah ini harga telur mendapatkan potongan Rp1.200/kg., sementara beras didiskon Rp2.000/kg.

“Yang dijual dengan harga potongan, beras dapat potongan Rp1.200, kalau telur Rp2.000 dari harga pasar,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), mengklaim kondisi pangan di wilayah setempat masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada Februari 2024 ini, stok beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) masih ada 270 ton setara beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya