SOLOPOS.COM - Simpang Lima Kota Semarang. (Instagram @740aerialvideography)

Solopos.com, SEMARANG — Sejumlah ruas jalan menuju kawasan Simpang Lima Semarang bakal diberlakukan pengalihan arus pada perayaan malam Tahun Baru 2024. Di kawasan itu rencananya akan diberlakukan car free night.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, mengatakan Simpang Lima Semarang meski tidak ada event perayaan resmi dari Pemerintah Kota Semarang, namun diperikirakan masyarakat akan berbondong-bondong menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Penglihan arus ke arah Simpang Lima, car free night ada di Simpang Lima tapi situasional, karena gini tidak ada hiburan masyarakat di Simpang Lima, memang dari Pemdanya tidak ada, cuma biasanya di Kota Semarang masyarakat menuju Simpang Lima sehingga kita lakukan pengalihan arus,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (31/12/2023).

Meski begitu, rencana pengalihan arus menuju arah Simpang Lima masih bersifat situasional atau melihat kondisi arus lintas yang terjadi pada Minggu malam.

“Sifatnya situasional kalau membutuhkan pengalihan kita alihkan tapi kalau seandainya lancar-lancar saja tidak perlu kita alihkan,” jelasnya.

Kemudian, di titik keraiaman selanjutnya yakni di Kawasan Kota Lama pihaknya akan melakukan pemantauan khusus. Termasuk mengarahkan pengunjung untuk parkir kendaraan di kantong-kantor parkir yang telah disiapkan.

“Di Kota Lama parkirnya yang kita tertibkan seperti di Metro Point dan parkir-parkir yang tidak menggunakan bahu jalan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas,” imbuhnya.

Sejumlah pos terpadu atau pos pengamanan juga telah didirkan di tempat-tempat keramaian, termasuk di kawasan Simpang Lima. Ratusan polisi lalu lintsas juga dikerahkan untuk menjaga jalan-jalan di Semarang.

“Kalau lalu lintas kita terjunkan 139 personel, tapi di luar lalu lintas banyak hampir 2.000 [personel] kalau Polrestabes itu kan personelnya. Saya juga berharap masyarakat tetap hati-hati di jalan dan taati aturan lalu lintas yang ada,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya