SOLOPOS.COM - Bendera Israel ditempel di aspal Jalan Pahlawan, Kota Semarang, saat aksi bela Palestina, Jumat (20/10/2023) siang. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Aksi solidaritas atau kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian terhadap Palestina digelar di depan Gedung DPRD Jawa Tengah (Jateng), Kota Semarang, Jumat (20/10/2023) siang. Aksi ini turut diwarnai dengan ditempelnya bendera Israel di aspal di Jalan Pahlawan.

Pantauan Solopos.com, ada ratusan orang yang terlibat dalam aksi tersebut. Mereka memadati Jalan Pahlawan sejak pukul 13.00 WIB, atau seusai salat Jumat.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dalam aksi bertajuk Aksi Kemanusiaan Peduli Palestina itu, massa hadir dengan berbagai atribut. Mereka turut mengibarkan bendera Palestina, bendara Indonesia, dan bendera bertuliskan kalimat Syahadat. Tampak juga beberapa peserta aksi menempelkan bendera Israel di aspal Jalan Pahlawan.

Alhasil, bendera Israel itu pun berulangkali dilindas kendaraan yang melintas di Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

“Aksi ini, mengajak masyarakat Kota Semarang peduli dengan saudara kita di Palestina yang mengalami agresi militer. Apalagi, sudah ribuan nyawa melayang dan ribuan orang luka-luka,” ujar Koordinator aksi, Suroto, Jumat.

Suroto menyampaikan, aksi ini juga sebagai bentuk kepedulian warga Kota Semarang untuk menyuarakan agar penjajahan di muka bumi dihapuskan. Keinginan tersebut juga selaras degan amanat Undang-Undang (UU) 1945.

“Dan hari ini ada 300 orang melakukan aksi sejuk damai. Terkait pemasangan bendera di jalan, itu inisiatif peserta aksi yang merasa kecewa dengan bangsa Israel,” katanya.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan orasi di depan Gedung DPRD Jateng. Peserta aksi juga menggelar salat gaib dan menggalang donasi bagi masyarakat di Palestina.

“Dari aksi donasi ini kami akan kirimkan bantuan air minum, pangan, dan bantuan kemanusiaan lain kepada saudara-saudara kami di Palestina,” ujarnya.

Aksi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian terhadap bangsa Palestina ini merupakan yang kali kedua digelar di Kota Semarang. Sebelumnya, aksi serupa juga digelar Forum Umat Islam Semarang (FUIS) di depan Kantor Gubernur Jateng, Jumat (13/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya