SOLOPOS.COM - Sebuah kendaraan roda dua terlihat melintas di Jalan Pantura Demak-Kudus, Jawa Tengah, menuju Jembatan Tanggulangin Kudus, Kamis (15/2/2024). (Solopos.com-Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, DEMAK — Satlantas Polres Demak, Jawa Tengah (Jateng), belum berani membuka Jalur Pantura Demak-Kudus meski pun banjir di wilayah tersebut mulai surut, Kamis (15/2/2024). Pembukaaan jalur tersebut bakal dilakukan jika kondisi banjir benar-benar telah surut dan tidak ada lagi genangan air.

“Hingga hari ini [Kamis] Jalur Pantura Demak-Kudus belum dibuka karena masih ada genangan di Kilometer 43 dari depan Pasar Karanganyar hingga Jembatan Tanggulangin,” ujar Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, Kamis.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

AKP Lingga menyatakan ketinggian genangan air di Jalan Pantura Demak-Kudus saat ini sekitar 70 sentimeter (cm). Oleh karenanya, jalur itu pun belum aman untuk dilalui kendaraan.

Kendati demikian, ada beberapa kendaraan yang nekat melintas di jalur tersebut. Hal itu pun menyebabkan proses evakuasi kendaraan yang terjebak di genangan banjir dan mengganggu proses pengiriman logistik untuk warga terdampak banjir.

Selain itu, kendaraan yang masih terjebak dan belum terevakuasi sekitar 12 kendaraan. “Jika nantinya jalur tersebut benar-benar aman untuk dilalui dan tidak licin bagi pengendara, maka jalur akan dibuka total,” ujarnya.

AKP Lingga menambahkan untuk akses menuju Semarang melalui Jembatan Tanggulangin hingga kini juga masih ditutup karena menunggu banjir surut. “Kami sifatnya membantu, sehingga ketika dari Satlantas Polres Demak membuka total Jalur Pantura Demak-Kudus, maka dari Kudus juga akan dibuka,” ujarnya.

Banjir di Desa Ketanjung dan Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Demak, memang mulai surut, tetapi genangan banjir masih terlihat di Jalan Pantura Demak-Kudus. Beberapa truk yang terjebak banjir juga masih terlihat pada posisi sebelumnya dan belum dievakuasi. Sedangkan yang sudah dievakuasi truk yang sebelumnya melintas di ruas kiri, menyusul genangan mulai surut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya