SOLOPOS.COM - Ilustrasi event Dieng Culture Festival yang kembali masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru saja mengumumkan daftar 110 event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Dari 110 event itu, delapan di antaranya merupakan event wisata yang digelar di Provinsi Jawa Tengah. Berikut delapan event di Jateng yang masuk daftar 110 KEN 2024.

Dilansir dari laman menpan.go.id, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, berharap 110 event yang terangkum dalam KEN 2024 itu mampu meningkatkan perekonomian nasional dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Hal itu disaampaikan Sandiaga saat meluncurkan Karisma Event Nusantara atau KEN 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (27/1/2024).

Menurutnya, KEN harus mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah. Selain itu, KEN 2024 yang menyajikan berbagai kegiatan seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner bisa meningkatkan pergerakan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

““Alhamdulillah, kembali kita luncurkan KEN 2024 yang akan menampilkan 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 252 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, berdasarkan data yang diterima, penyelenggaraan KEN 2023 telah berkontribusi terhadap peningkatan nilai produksi barang dan jasa (output) di Indonesia mencapai Rp212,2 miliar serta Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai Rp198,6 miliar. Sementara, nilai perputaran uang atau pergerakan ekonomi dari 7,36 juta pengunjung (lokal, domestik, maupun asing) pada acara KEN 2023 mencapai Rp12,38 triliun.

“Targetnya tahun ini terdapat peningkatan pergerakan ekonomi hingga bisa mencapai 20-25 persen dari tahun lalu. Dan harapannya juga ikut menopang 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus di 2024,” katanya.

Sementara itu, dilansir dari akun Instagram Kemenparekraf di @kemenparekraf.ri, ada delapan event wisata di Jateng yang masuk dalam daftar 110 Karisam Event Nusantara atau KEN 2024. Jumlah itu terbilang meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu, di mana event di Jateng yang masuk KEN hanya berjumlah lima event.

Kedelapan event itu yakni Dieng Culture Festival (DCF) di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara; Grebeg Sudiro di Kota Solo; Festival Gunung Slamet di Purbalingga; Solo Keroncong Festival di Kota Solo; Festival Arak-arakan Cengho di Kota Semarang; Festival Kota Lama di Semarang, dan International Mask Festival di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya