SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono (tengah), saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) salah satu sayap Partai Gerindra, yakni Satuan Relawan Indonesia (Satria) Jateng di Aula Kantor DPD Gerindra Jateng, Minggu (10/3/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, siap maju sebagai calon gubernur dalam  Pilkada Jateng 2024. Rencana tersebut pun mendapat dukungan dari kader dan sukarelawan Gerindra.

Hal itu disampaikan Sudaryono yang merupakan mantan asisten Prabowo Subianto saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) Satuan Relawan Indonesia (Satria) Jateng, salah satu sayap Partai Gerindra, di aula kantor DPD Gerindra Jateng, Minggu (10/3/2024). Dia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari seluruh kader partai berlambang buung garuda itu.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Kalau partai menghendaki saya maju. Kemudian nanti ada rekomendasi dari DPP tentu saya sebagai kader yang baik dalam rangka menyukseskan dan mengawal pemerintahan Prabowo-Gibran tentunya juga untuk membangun market ke depan, mau tidak mau saya siap untuk maju menjadi cagub [calon gubernur] Jateng 2024,” kata pria yang akrab disapa Mas Dar, Minggu.

Mas Dar mengakui pasca-Pilpres 2024, banyak dorongan yang diterima dari kader dan sukarelawan untuk maju sebagai Cagub Jateng. Menurutnya, dukungan menuju Jateng 1 ini bentuk penghormatan tersendiri kepada dirinya yang baru empat bulan menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Jateng.

“Apapun itu [penyebab Sudaryono didorong maju Pilgub 2024], kinerja kita selama kemarin pemenangan Prabowo-Gibran, empat bulan saya di sini kami merasa kita mendapatkan apresiasi dari temen-temen di lapangan karena kita fokus kerja langsung ke grassroot [akar rumput],”nilainya.

CEO Garuda TV itu juga mengaku tidak ingin mengecewakan dukungan kader yang telah digelontorkan. Sehingga, ia bersama partainya akan berjuang secara maksimal dalam Pilgub Jateng 2024 serentak.

Kendati siap dan tinggal menunggu intruksi DPP, Mas Dar menyampaikan tahapan pencalonan Gubernur Jateng masih delapan bulan lagi. Saat ini, Partai Gerindra masih fokus mengawal hasil pleno rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pileg yang baru selesai di tingkat KPU Provinsi dan menuju KPU RI.

Oleh sebab itu, Mas Dar mengaku tak terlalu memikirkan pencalonannya menuju calon Gubernur Jateng 2024-2029. Sebab selain menunggu rekomendasi dari DPP Partai Gerindra, proses dan tahapan Pilgub Jateng juga masih panjang.

“[Pencalonan] itu keputusan dari Ketua Umum dan Sekjen [Sekretaris Jenderal], ada surat rekomendasi sampai bulan November coblosan [Pilgub]. Pendaftarannya di Agustus, sehingga sekarang masih harus dapat rekomendasi dari pusat, kemudian perlu adanya menjalin koalisi dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Satria Jateng, Heri Pudyatmoko, menyatakan menerima aspirasi dari pengurus cabang Satria di 35 kabupaten/kota agar Sudaryono maju dalam perhelatan Pilgub Jateng 2024. Ia yang juga Sekretaris DPD Gerindra Jateng itu menilai, kepemimpinan Sudaryono di partai terbukti berhasil ditandai dengan menangnya Prabowo-Gibran Pilpres 2024.

“Maka kami dari PD Satria Jateng beserta PC satria se-Jateng itu mendorong untuk Mas Dar maju di perhelatan calon gubernur tahun 2024-2029. Kenapa? Karena beliau terbukti mampu, sebagai nahkoda di Jateng memenangkan Pak Prabowo dan memenangkan Gerindra dengan kenaikan suara yang cukup signifikan di 35 kabupaten/kota,” tutup Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya