SOLOPOS.COM - Firman Setyaji warga Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menunjukkan hasil kerajinan dari Eceng Gondok di galerinya, Senin (5/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Meski dikenal sebagai tanaman hama, nyatanya eceng gondok bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan kerajinan eceng gondok sangat diminati pasar luar negeri.

Hal itu diungkapkan Owner Bengok Craft, Firman Setyaji. Pria asal Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu menyebut, banyak orang luar negeri meminati kerajinan eceng gondok buatan Indonesia.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

“Orang luar itu memang suka dengan barang-barang yang unik dari bahan dasar yang tidak biasa. Seperti eceng gondok ini. Kita sudah ekspor di lima negara. Ada Italia, Jepang, Singapura, Dubai, dan Spanyol,” beber Firman kepada Solopos.com, Senin (5/2/2024).

Diakuinya, pendidikan dan kepedulian terhadap lingkungan menjadi hal yang membuat orang luar negeri suka dengan produk eceng gondok. Terutama mereka memakai produk tas atau topi dari eceng gondok saat musim panas.

Seorang petani saat mencari eceng gondok di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (5/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Produk Berkelanjutan

“Orang sana lebih suka barang-barang sustainable (keberlanjutan). Selain itu juga suka barang-barang yang multifungsi. Makanya kita buat produk fashion. Kalau sampai sekarang yang rutin meminta pengiriman di Italia,” kata Firman.

Dikatakan, dengan permintaan baik dalam dan luar negeri yang ada, Firman bertekad untuk semakin mengembangkan produk kerajinan eceng gondok.

Menurutnya, kedepan produk yang ramah lingkungan akan semakin dicari orang. Sebab selain unik juga memiliki nilai tersendiri jika memakai produk tersebut.

“Ini juga sekaligus membantu perajin eceng gondok untuk mendapatkan menghasilkan tambahan,” kata Firman.

Sementara itu, salah seorang pembeli asal Semarang, Rian mengaku tertarik membeli kerajinan eceng gondok karena merupakan kerajinan yang unik dan berbeda dari yang lain.

“Kemarin saya lihat dari Instagram, pengolahan kerajinan dari eceng gondok sangat bagus menurut saya. Jadi saya akhirnya kesini untuk membeli kerajinan ini,” kata Rian.

Diakuinya, pilihan jenis kerajinan dari Bengok craft sendiri sangat banyak. Diantaranya, jaket, tas, soft case handphone. Secara model juga bagus-bagus dan bisa dipakai sehari-hari.

“Modelnya bagus dan unik. Tidak hanya untuk hiasan ini kan bisa dipakai untuk sehari-hari,” kata Rian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya