SOLOPOS.COM - egenap pimpinan Saloka Theme Park dan Forkompinda Kabupaten Semarang saat ikut serta dalam pemecahan rekor Muri Pohon Natal berbahan Enceng Gondok terbesar Sabtu (16/12/2023) sore. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Taman rekreasi Saloka Theme Park, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berhasil membuat replika pohon natal yang terbuat dari rangkaian eceng gondok. Bahkan, pohon natal eceng gondok setinggi 13 meter itu sukses memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Rekor tersebut tercatat di Muri dengan nomor 11.471 yang secara resmi dipecahkan pada Sabtu (16/12/2023) sore.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

General Manager Operation Saloka Theme Park, Johannes Harwanto, mengatakan pihaknya sengaja membuat pohon natal dari bahan eceng gondok sebagai upaya pelestarian lingkungan. Hal ini karena di sekitar Saloka Theme Park, tepatnya di Rawa Pening juga dikenal sebagai penghasil kerajinan berbahan eceng gondok.

“Kami ingin mengangkat eceng gondok ini semakin dikenal dan lebih berharga. Sehingga dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar juga akan tumbuh,” terang Johannes, Sabtu.

Dia menyampaikan pohon natal dari eceng gondok itu memiliki tinggi 13 meter. Dalam pembuatan pohon natal itu, kata dia, menghabiskan sekitar 4 kwintal eceng gondok kering yang dibeli dari warga sekitar Saloka.

“Ini sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar. Kalau proses pembuatan sekitar tiga pekan, mulai dari merangkai eceng gondok kemudian persiapan struktur, dan kita rangkai di pohon,” kata Johannes.

Perwakilan Muri, Sri Widayati, mengatakan replika pohon natal dari rangkaian eceng gondok yang dipecahkan Saloka Theme Park memiliki tinggi 13 meter dengan diameter 8 meter. Menurutnya, kegiatan pemecahan rekor ini luar biasa, karena melibatkan UMKM eceng gondok yang ada di sekitar Saloka.

“Sehingga ini mengangkat kearifan lokal. Kami Museum Rekor Dunia Indonesia mencatatnya sebagai rekor dunia dengan piagam penghargaan yang kami anugerahkan kepada Solaka,” terang Sri.

Diakuinya, pemecahan rekor Muri replika pohon natal sudah banyak dicatat. Namun untuk pohon Natal dari rangakaian eceng gondok yang dibikin Saloka Theme Park ini menjadi yang pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya