SOLOPOS.COM - Pengerjaan renovasi Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng). (Dok Pemkab Jepara).

Solopos.com, JEPARA – Pengerjaan renovasi Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), ditarget selesai pada Oktober 2024. Nantinya, Stadion dengan kapasitas 25.000 penonton itu bakal memenuhi standardisasi induk organisasi sepak bola dunia atau FIFA.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, mengatakan proyek konstruksi ini untuk memenuhi staandar FIFA. Pihaknya berharap pengerjaan yang sedang berlangsung bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Semoga Oktober nanti sudah selesai dan bisa digunakan kembali,” kata Edy kepada Solopos.com, Sabtu (27/1/2024).

Berdasarkan hasil sementara yang Pemkab Jepara terima, sampai saat ini akses Stadion GBK Jepara masih tertutup untuk umum. Terdapat penjagaan di sekitar area proyek dan di dalam stadion ada ekskavator yang tengah dioperasikan mengeruk rumput.

Edy menceritakan sejak kali pertama dibangun pada 2008, Stadion GBK Jepara belum pernah direnovasi. Oleh sebab itu, bagian ini masuk dalam sasaran pekerjaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memenuhi standar FIFA.

Selain lapangan, proyek pemenuhan standar itu juga menyasar aspek arsitektural bangunan, serta mekanikal elektrikal Stadion GBK Jepara. Setelah seluruh pekerjaan rampung, Pemkab Jepara meminta agar fasilitas itu senantiasa dirawat dan dijaga bersama-sama.

“Sudah bagus dibangun jangan sampai tidak dirawat,” pintanya.

Sekadar informasi, dalam pengerjaan renovasi ini, Pemerintah Pusat mengucurkan dana Rp105 miliar. Nominal itu dibagi dua stadion di Jawa Tengah, yakni persentasenya 70 persen untuk Stadion GBK Jepara dan sisanya buat Stadion Jatidiri Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya