SOLOPOS.COM - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, melakukan evakuasi pohon tumbang, Ahad (28/1/2024). (ANTARA/HO-BPBD Kudus.)

Solopos.com, KUDUS – Sebanyak 10 rumah di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rusak diterjang angin kencang, Minggu (28/1/2024). Selain merusak rumah, hujan deras disertai angin kencang itu juga membuat satu pohon tumbang.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji, mengatakan 10 rumah yang rusak itu tersebar di RT 001, 003, dan 004/RW 004, Desa Karangbener, Kecamatan Bae. Sebelumnya hujan deras disertai angin kencang itu terjadi antara pukul 08.30 WIB hingga 10.00 WIB.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Dari 10 rumah rusak tersebut, satu rumah rusak disebabkan karena tertimpa pohon dan sembilan rumah lainnya akibat angin kencang pada Ahad [28/1/2024] sekitar pukul 09.25 WIB,” kata dia, Minggu.

Peristiwa tersebut, katanya, di awali dengan turun hujan, kemudian disertai tiupan angin kencang. Selain ada yang mengakibatkan atap bangunan rumah warga rusak karena diterjang angin, terutama bagian gentengnya, ada pula yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang sehingga mengakibatkan atap bangunan rusak dan menutup jalan dan pintu masuk rumah.

“Evakuasi pohon tumbang sudah dilakukan. Sedangkan perbaikan rumah rusak memang belum seluruhnya karena ada rumah warga yang belum diperbaiki,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Untuk itu, dia mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Jika terjadi bencana puting beliung disarankan untuk menjauhi sudut ruangan, pintu, jendela, dan juga dinding terluar bangunan, karena angin dengan kecepatan tinggi bisa merusak bagian-bagian dari rumah, sehingga material tersebut bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Ia berharap warga yang memiliki pohon yang terlalu tinggi untuk dilakukan pemangkasan sehingga ketika terjadi angin kencang bisa meminimalkan dampak terhadap pemukiman di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya