SOLOPOS.COM - Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, telah resmi diusung Partai Golkar sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Kendati demikian, hingga Sabtu (21/10/2023) sore, Gibran belum mengurus surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng).

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, yang menyebut hingga sore ini belum menemukan nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam daftar pemohon SKCK. Padahal, SKCK digunakan sebagai salah satu persyaratan mendaftar sebagai capres maupun cawapres pada Pilpres 2023.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

SKCK merupakan dokumen yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berisi catatan tentang rekam jejak seseorang apakah pernah melakukan tindak pidana kejahatan atau tidak.

“Belum ada [nama Gibran],” ujar Kombes Pol Satake, Sabtu.

Kabid Humas Polda Jateng juga memastikan belum ada nama Gibran dalam daftar pemohon SKCK baik secara online di polsek, ataupun di domisilinya, yakni Solo.

“Sampai hari ini belum diurus [SKCK Gibran]. Pengurusan SKCK memang bisa secara online, tapi belum ada juga [daftar pemohon atas nama Gibran],” ujar Satake.

Diberitakan sebelumnya, Gibran resmi diusung Partai Golkar sebagai cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto. Keputusan itu disampaikan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dalam Rapimnas Golkar yang berlangsung di Jakarta, Sabtu.

Kendati demikian, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga capres Koalisi Indonesia Maju (KIM), mengaku belum bisa memastikan akan melakukan deklarasi pencalonan dirinya bersama Gibran sebagai capres dan cawapres. Ia masih harus melakukan rapat dengan partai politik peserta KIM untuk memastikan bakal cawapres yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024.

“Saya sudah jawab sewaktu-waktu, bahwa dinamika politik Indonesia memerlukan suatu sikap yang dinamis, luwes dan itikad yang terbaik untuk rakyat,” kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya