SOLOPOS.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suwarto. (Solopos.com-Antara/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menargetkan proyek peningkatan jalan Palir-Kaliancar dengan betonisasi sepanjang 2 kilometer (km) akan selesai pada awal Desember 2023.

“Jalan Kaliancar-Mangkang ini pakai anggaran bankeu [bantuan keuangan] provinsi senilai Rp14 miliar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto, Jumat (22/9/2023).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Menurut dia, proyek yang tercakup bankeu provinsi itu adalah betonisasi jalan Palir-Kaliancar, pelebaran jalan ke arah SMA Negeri 16 Semarang, dan pengaspalan jalan di kawasan Kopi Blirik, Mijen.

Ia menyebutkan spesifikasi betonisasi di jalur Kaliancar-Mangkang adalah lebar 5,5 meter dengan ketebalan 30 centimeter, ditambah lantai kerja 10 cm sehingga total 40 cm. “Kami sudah lihat spek-nya, sudah sesuai dengan lantai kerja 10 cm, betonnya 30 cm. Jadi, total [ketebalan] 40 cm,” katanya.

Untuk pengerjaan jalan, kata dia, tidak menemui kendala karena jalan sudah ditutup dan sebagian besar kawasan Perhutani yang tidak banyak menimbulkan akses permukiman masyarakat. “Progresnya sekitar 26 persen. Mudah-mudahan sampai akhir kontrak awal Desember dapat terselesaikan,” katanya.

Proyek lainnya yang masih satu paket, kata dia, pengaspalan jalur di kawasan Kopi Blirik ke arah Pasar Mijen, dilandasi dengan lantai beton agar lebih awet. “Lantai dasar beton, kami lapis aspal 4-5 cm, ada dua lapisan. Mudah-mudahan bisa lebih awet karena di daerah sana bagus ya, tidak ada pergerakan tanah,” katanya.

Sejauh ini, Suwarto optimistis pengerjaan akan rampung sesuai target. Apalagi, pengerjaan proyek tidak terlalu rumit, misalnya disertai pembangunan drainase.

“[Target] Awal Desember. Untuk pengerjaan jalan enggak terlalu rumit, tidak ada [pengerjaan] saluran. Jadi salurannya yang ada, yang excisting, tidak ada penambahan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya