SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran saat mengamati kebakaran yang melanda gudang dan lahan di Pedurungan, Kota Semarang, Sabtu (9/9/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Empat peristiwa kebakaran terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dalam waktu yang bersamaan, Sabtu (9/9/2023). Rentetan peristiwa kebakaran ini pun membuat petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Semarang sedikit kewalahan untuk menjinakan api.

Dari empat peristiwa kebakaran yang terjadi dalam satu hari itu, satu di antaranya di sebuah gudang dan lahan di kawasan Tlogomulyo, Pedurungan. Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan bertahan selama dua jam lebih.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Pantauan Solopos.com, mobil pemadam hilir mudik mendatangi lokasi untuk memadamkan api yang ada di dalam gudang dan luar gudang. Api diduga muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Mobil pemadam juga dibantu supplay air dari tangki Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Semarang, BPBD, dan PDAM Kota Semarang untuk memadamkan api. Sedikitnya ada 7 mobil pemadam yang dikerahkan.

Komandan Tim 3 Damkar Kota Semarang, Lilik Lesprinarno, mengatakan kebakaran bermula dari lahan yang ada di belakang gudang. Api kemudian merembet ke kayu kayu yang ada di sekitar gudang tersebut.

“Kebakaran pertama alang-alang terus kena yang paralon merambat ke kayu sebelah. Kita ada tujuh armada dibantu tangki dari PDAM, BPBD, DPU, dan Disperkim ada lima truk,” kata Lilik di lokasi, Sabtu (9/9/2023).

Ia menjelaskan, kebakaran sulit dipadamkan karena banyak barang di gudang tersebut. Petugas juga harus memindahkan barang-barang itu terlebih dahulu agar pemadaman api semakin cepat.

“Kesulitannya banyak barang, diambilin barangnya dulu,” jelasnya.

Tak hanya itu, pemadam kebakaran juga harus membagi tim karena terjadi peristiwa kebakaran di tiga lokasi yang berbeda. Ketiga lokasi di Semarang yang mengalami peristiwa kebakaran yakni di wilayah Gayamsari, Jalan Arteri Yos Sudarso, dan Trangkil.

“Berarti ada empat kebakaran bersamaan, selain di sini, ada di Trangkil, Yos Sudarso, Gayamsari. Yang di sini tadi dikhawatirkan merambat ke rumah warga,” tegasnya.

Sementara itu, Bhabinkamtimbas Tlogomulyo, Bripka Noerhadi mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Gudang yang terbakar merupakan gudang tempat rongsok atau barang bekas.

“Mulai sekitar 10.00 WIB. Iya gudang rosok ini sama lahan belakangnya, kalau penyebabnya belum tahu,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya