SOLOPOS.COM - Festival balon udara Wonosobo. (Istimewa/Instagram @adityachaesar48)

Solopos.com, WONOSOBO – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terus berupaya mendongkrak kunjungan wisata selama Ramadan hingga Lebaran 2024. Di antara event yang telah disiapkan, ada Festival Mudik 2024 dan Balon Udara yang bakal berlangsung di Kabupaten Wonosobo sepanjang April mendatang.

Kepala Disporapar Jateng, Agung Hariadi, membenarkan bila ada event Festival Mudik 2024 dan Balon Udara yang diselenggarakan di Wonosobo. Ia mengatakan, segala event yang bertepatan dengan Ramadan maupun Lebaran memang dikhususkan untuk mendongkrak pariwisata yang ada di Jawa Tengah.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Harapannya wisata berbasis budaya lokal semakin dikenal masyarakat. Sehingga bisa tumbuh dan memperkaya khasanah pariwisata Jawa Tengah,” harap Agung kepada Solopos.com, Selasa (19/3/2024).

Terpisah, panitia event Festival Mudik 2024 dan Balon Udara Wonosobo, Umam, mengatakan festival budaya lokal tersebut bakal diselenggarakan pada 11 hingga 21 April. Setidaknya, bakal ada 40 balon udara yang menghiasi langit-langit kabupaten berjuluk Kota di Atas Awan itu.

“Untuk acara balon free [gratis]. Pengunjung nanti hanya dikenakan tarif parkir saja. Motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000,” kata Umam.

festival balon udara
Festival Mudik Balon Udara 2024

Berkaca pada tahun 2023 lalu, Umam mengklaim antusiasme masyarakat yang datang melihat festival balon cukup tinggi. Oleh karena itu, ia mengingatkan bagi pengungjung agar bisa hadir sebelum acara berlangsung.

“Diutamakan kalau mau hadir menonton datang sebelum jam 06.00 WIB. Karena pengalaman sebelumnya, jam 07.00 WIB sudah kena kemacetan,” kata dia.

Adapun selain balon udara, festival juga bakal dimeriahkan dengan aneka ragam kuliner, pentas kuda lumping, kesenian Tari Lengger dan musik. Sementara puncak acara Festifal Mudik 2024 dan Balon Udara digelar pada 21 April di Alon-alon Wonosobo.

“Di Alon-alon hanya pas puncaknya saja. Kalau acara festival balonnya pas 11-20 April itu diadakan di masing-masing desa di Wonosobo. Tujuanya [di desa-desa] untuk memecah keramaian balon,” terangnya.

Berikut rangkaian acara event Festival Mudik dan Balon Udara di Wonosobo :

– Festival Balon di Desa Kembaran (11-14 April)

– Festival Balon di Semayu (12 April)

– Festival Balon di Karangluhur (13-14 April)

– Festival Balon di Lamuk (13-14 April)

– Festival Balon di Kaliasem (14-15 April)

– Festival Balon di Jaraksari (16 April)

– Festival Balon di Simbang (12-16 April)

– Festival Balon di Mudal (17 April)

– Festival Balon di Reco (16-17 April)

– Festival Balon di Sambek (18-19 April)

– Festival Balon Anshor di Desa Bojasari Siyono (14-15 April)

– Festival Balon Anshor di Desa Candiyasan (18-19 April)

– Festival Balon di Desa Wringinanom (20 April)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya