SOLOPOS.COM - Sebanyak empat anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan setelah perahu katir yang mereka tumpangi mengalami mati mesin di Perairan Watu Cungur, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). (Dok SAR Cilacap).

Solopos.com, CILACAP – Sebanyak empat anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan setelah perahu katir (pumpboat) yang mereka tumpangi untuk memancing mengalami mati mesin di Perairan Watu Cungur, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Adapun daftar nama ABK yang berhasil selamat yakni Karsono, 40, Damar, 42, Karjo, dan Ade yang merupakan warga Kebon Sayur, Cilacap.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa, mengatakan personelnya menerima informasi awal dari pihak keluarga jika perahu yang digunakan empat orang untuk memancing sejak Minggu (4/2/2024) pukul 06.30 WIB itu tak kunjung kembali ke Dermaga Cilacap.

Kemudian pada pukul 20.21 WIB, survivor yang merupakan ABK perahu mengirimkan informasi melalui messenger kepada keluarga bahwa perahu yang digunakan mengalami mati mesin.

“Sehingga meminta bantuan untuk dilakukan penjemputan,” kata Adah, Senin (5/2/2024).

Proses evaluasi terhadap ABK perahu katir dikerjakan dengan melakukan penyisiran ke lokasi kejadian. Nama perahu yang ditumpangi empat ABK tersebut adalah Lancar Jaya.

Lebih jauh, tim SAR gabungan lalu menggunakan RIB milik Lanal Cilacap untuk melacak keberadaan perahu katir tersebut.

Tak lama berselang atau pukul 23.15 WIB, tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari nelayan bahwa para ABK perahu katir telah dievakuasi ke Dermaga Daun Lumbung dalam keadaan selamat.

Tim SAR gabungan kemudian diberangkatkan menuju Dermaga Daun Lumbung untuk mengkonfirmasi kebenaran laporan tersebut.

Adapun hasil konfirmasi memunculkan daftar nama ABK yang berhasil selamat yakni Karsono, 40, Damar, 42, Karjo, dan Ade yang merupakan warga Kebon Sayur, Cilacap.

“Seluruh unsur SAR terlibat di antaranya Basarnas Cilacap, Polairud Cilacap, Lanal Cilacap, HNSI Cilacap, keluarga dan masyarakat sekitar dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya