SOLOPOS.COM - Pengemis yang viral di Kabupaten Pati, Jateng, Aris Munaji, saat dimintai keterangan petugas Satpol PP Kabupaten Pati. (Solopos.com-Satpol PP Pati)

Solopos.com, PATI – Seorang pengemis di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), tengah menyita perhatian publik dan viral di media sosial (medsos). Hal itu menyusul perilaku pengemis di Pati yang viral itu karena kerap menghabiskan uang untuk bersenang-senang di tempat karaoke sambil menyewa purel, istilah bagi pemandu karaoke.

Viralnya pengemis ini tak lepas dari beredarnya video di media sosial tentang perilakunya. Video itu pun akhirnya menyita perhatian Satpol PP Pati. Video itu kali pertama diunggah oleh akun @patisakpore. Saat berita ini ditulis, unggahan akun tersebut telah mendapat tanda like 3.891 dan 370 komentar.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Kiriman info video dari bolo patizen, pengemis nek awan nang bangjo puri. Ketika malam hari healing bersama elsi (LC). Wis mulai saiki, sejenis pengemis, gelandangan dll, enggak usah diberi uang, pun sudah ada peraturan daerah yang melarang,” tulis narasi pada postingan @patisakpore yang dikutip pada Rabu (5/7/2023).

Dari video lain yang dihimpun Solopos.com, terdapat juga video pendek berdurasi 24 detik memperlihat seorang pria yang awalnya bekerja sebagai peminta-minta di lampu merah perempatan Puri. Sesuai bekerja sebagai pengemis, pria itu lalu malah mencari hiburan dengan karaoke. Pria itu bahkan terlihat asik memeluk wanita pemandu karaoke atau purel.

Terpisah, Pelaksana harian (Plh) Satpol PP Pati, Baru Pramono, mengatakan pengemis yang viral itu bernama bernama Aris Munaji, 40, warga Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil. Pihaknya mengaku telah melakukan penertiban setelah ada video pengemis yang viral karena hasil meminta-minta digunakan untuk karaoke.

“Kami menertibkan pengemis itu kebetulan kemarin pas viral di medsos. Lagian kok malah nyanyi,” kata Baru kepada Solopos.com saat dihubungi dari Semarang, Rabu (5/7/2023).

Satpol PP juga mengungkapkan bila pengemis tersebut telah lama meminta-minta. Pihaknya pun saat ini telah melakukan pembinaan kepada pengemis tersebut.

“Pembinaan sesuai dengan perda, kami melakukan pembinaan, hasilnya kita sita,” akunya.

Sementara itu, Aris Munaji mengaku tidak tahu ternyata videonya yang asik memeluk pemandu karaoke viral di medsos. Ia hanya mengetahui jika handphone miliknya sempat dipinjam oleh teman untuk merekam video.

Pengemis yang viral di Pati itu pun bahkan tak menampik saat ditanya kerap beroperasi atau meminta-minta uang di kawasan lampu merah Puri, Pati. Sehari, ia bahkan mampu meraup penghasilan sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000, yang digunakan hanya untuk bersenang-senang di tempat karaoke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya