SOLOPOS.COM - Penampilan RAN dalam acara puncak Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UKSW 2023 di Lapangan UKSW Salatiga, Sabtu (23/9/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Welcoming Party 2023 menjadi puncak acara Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pada Sabtu (23/9/2023) malam.

Acara spesial tersebut disambut meriah ribuan mahasiswa baru. Pada penutupan rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru tersebut, UKSW menghadirkan konser musik yang mengesankan di lapangan sepak bola kampus setempat.

Selain dipersembahkan bagi mahasiswa baru, konser ini juga dinikmati oleh seluruh sivitas akademika dan alumni UKSW. Dengan penampilan grup musik RAN, Langensuko dan The Brats Club, para penonton hanyut dalam aksi panggung ketiganya.

Tak hanya dimanjakan dengan suguhan musik dari guest star, penonton juga dapat menyaksikan penampilan memukau dari sivitas akademika. Sejumlah grup musik, seperti BNB, The Afternoon Band, Duo “Senandung Jiwa”, Sempiternal Band, grup dance XMO, Fiscomate dan DOS menambah kemeriahan acara.

Koordinator lapangan kegiatan OMB 2023, Yudi Novrian Komalig, mengatakan Welcoming Party 2023 mengangkat tema Celebrate the Diversity yang diartikan dengan merayakan keberagaman yang ada di kampus Indonesia Mini.

“Selama ini, kita berupaya merayakan keragaman etnis-etnis di Indonesia yang ada di UKSW. Tahun ini, kita ingin merayakan keberagaman yang lebih luas. Bukan hanya etnis, tetapi juga pluralitas karakter masing-masing pribadi yang ditonjolkan melalui beragam penampilan yang ada hari ini,” bebernya.

Lebih lanjut, Dosen Program Studi (Prodi) Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) ini juga mengungkapkan ada 16 stan etnis di UKSW. Belasan stan itu dihadirkan untuk menyajikan makanan khas daerah dan budaya daerah masing-masing.

Stan etnis tersebut antara lain Ikatan Keluarga Simalungun (IKS), Parurukat Togat Mentawai (Patomen), Perhimpunan Alumni, Mahasiswa dan Pelajar Kalimantan Tengah (Pampakat), Komunitas Mahasiswa Perantauan Lampung di Kota Salatiga (K’mplang).

Selanjutnya, Ikatan Keluarga Mahasiswa dan Siswa Timor di Salatiga (Ikmasti), Rukun Pelajar dan Mahasiswa Etnis Minahasa di Salatiga (Pinaesaan), dan masih banyak etnis lain di seluruh Indonesia.

Rektor UKSW Salatiga, Prof. Dr. Intiyas Utami bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi, berkesempatan menyapa mahasiswa baru dan sivitas akademika UKSW dalam satu panggung.

Turut mendampingi, yaitu Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (PAK) Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu; Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan (KIP), Priyo Hari Adi, Ph.D., Ak; dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian, Yafet Yosafat Wilben Rissy, Ph.D (AFHEA).

“Kami menyambut kalian semua, mahasiswa baru UKSW dengan bahagia,” ungkap Rektor Intiyas yang mengajak mahasiswa baru menyanyikan Mars Satya Wacana.

Atmosfer penuh kecerian dan keseruan kian terasa menuju puncak acara. Secara spontan, penonton ikut bernyanyi saat RAN menyanyikan lagu-lagu andalannya seperti Selamat Pagi, Sepeda, Jadi Gila, Kulakukan Semua Untukmu, Ratu Lebah, Begitu Saja, Hari Baru, Dekat di Hati, Pandangan Pertama.

Penonton juga terlihat melambaikan tangan dan menyalakan flashlight menikmati penampilan grup musik yang pernah memenangi Mnet Asian Musik Awards tahun 2015 sebagai Best Asian Artist Indonesia ini.

Beranggotakan tiga orang yaitu Rayi, Asta, dan Nino, RAN menyapa seluruh mahasiswa baru dan sivitas akademika UKSW yang disambut dengan riuh.

“Ini kali pertama kami datang ke Salatiga. Ini adalah acara penyambutan mahasiswa baru paling keren yang pernah kami datangi,” ujar Nino, sang vokalis.

Dengan sembilan lagu yang dinyanyikan, RAN sukses menutup acara dengan manis. Ditemui di sela acara, ketiga personel mengaku sangat excited tampil di UKSW.

Ketiganya juga memberi pesan kepada mahasiswa baru untuk belajar dengan giat agar dapat menjadi warga Indonesia yang membanggakan.

“Kami tidak menyangka acara akan semeriah ini. Untuk mahasiswa UKSW belajar yang rajin di kampus Indonesia Mini, lulus dari kampus, berkarya di Indonesia yang sesungguhnya. Jaya untuk UKSW,” kata Rayi.

Salah satu mahasiswa baru yang tampak antusias mengikuti acara, yakni Rivo Ray Rumambi. Ia mengungkapkan perasaan senangnya disambut sebagai mahasiswa baru UKSW dengan Welcoming Party 2023.

“Acara ini sangat seru dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi mahasiswa baru UKSW,” ucap mahasiswa asal Manado ini.

Selain suguhan penampilan spektakuler, Welcoming Party 2023 juga turut diisi dengan stan kegiatan bakat minat (KBM), antara lain Karawitan Wacana Budaya, Taekwondo Club, Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU), Robotic Research Center (R2C), dan lainnya.

Pengunjung juga dapat bermain di stan game, seperti pinball dan hula hoop dengan culture knowledge.

Acara Welcoming Party 2023 ini turut dihadiri Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji; Ketua OMB UKSW 2023, Novriest Umbu Walangara Nau, M.A; pimpinan fakultas serta direktorat yang ada di UKSW.

Rekomendasi
Berita Lainnya