SOLOPOS.COM - Petugas saat memberi contoh melewati trek baru pada uji SIM C di Mapolres Kendal, Senin (7/8/2023). (Solopos.com - Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Polres Kendal, Jawa Tengah (Jateng), resmi menerapkan materi baru pada ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) C atau sepeda motor di daerahnya mulai Senin (7/8/2023). Pada hari pertama penerapan materi baru ini, tercatat sudah ada 25 pemohon SIM C.

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Rizky Widyo Pratomo, mengeklaim materi ujian baru ini lebih mempermudah para pemohon untuk bisa mendapatkan atau lolos praktik SIM C. Terbukti, dari 25 pemohon, sembilan yang hari ini sudah melakukan ujian semuanya dipastikan lolos.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“Biasanya [sebelum uji SIM C baru] itu sehari hanya 19 pemohon. Tapi hari ini sudah ada 25 pemohon. Dan sembilan yang tadi ujian, semuanya berhasil,” aku AKP Rizky kepada Solopos.com, Senin (7/8/2023).

Puluhan pemohon yang mengajukan ujian praktik SIM C hari ini, terang Kasatlantas, ada pemohon baru maupun pemohon lama yang sebelumnya sempat gagal ketika melewati trek lama atau angka delapan. Sementara pada uji trek baru ini, pemohon juga bisa untuk berlatih lebih dulu di arena ujian praktik yang ada di Polres Kendal.

“Kuncinya itu fokus di tiap trek. Jangan grogi. Kemudian bila ragu langsung mencoba, bisa latihan dulu. Di sini [Polres Kendal] tiap hari bisa untuk latihan pemohon, jam operasionalnya mulai dari 09.00 WIB sampai 12.00 WIB,” jelasnya.

Salah seorang pemohon SIM C, Raynald Praditya, 18, menjadi salah satu pemohon yang berhasil dalam uji trek SIM C terbaru ini. Bahkan, warga Kecamatan Limbangan itu tampak tak ada kesulitan meski baru kali pertama mencoba atau tanpa latihan.

“Baru kali ini [ujian dan mencoba praktik SIM]. Lumayan [mudah], yang agak susah itu yang tikungan pertama itu, rada grogi tadi, untung enggak jatuh [kaki napak tanah atau keluar batas jalan],” pungkas Raynald.

Diberitakan sebelumnya, Polda Jateng telah resmi menerapkan perubahan materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C bagi masyarakat. Perubahan materi uji praktik SIM itu dilaksanakan serentak di Jateng pada Kamis (3/8/2023).

Sebab perubahan yang dilakukan meliputi materi mengendarai kendaraan di sirkuit berbentuk angka 8 dan zigzag test. Materi uji praktik SIM berupa zigzag test telah diganti dengan ujian di lintasan yang lebih lebar.

Selain itu, ujian di lintasan berbentuk angka 8 atau sirkuit 8 juga diubah dan diganti dengan lintasan berbentuk huruf S dengan ukuran 2,5 meter kali lebar kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya