SOLOPOS.COM - Dyah Kartika Permanasari untuk sementara unggul dalam hasil quick count Pileg DPRD Jateng 2024. (dishanpan.jatengprog.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Dominasi petahana atau incumbent masih terlihat Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Jateng di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) 2. Hal ini terbukti dengan hasil penghitungan cepat atau quick count Pileg DPRD Jateng 2024 di Dapil Jateng 2 yang digelar KPU, yang menempatkan para caleg petahana di posisi teratas.

Sekadar informasi, Dapil Jateng 2 dalam Pileg DPRD Jateng 2024 meliputi wilayah Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal. Alokasi kursi yang diperebutkan di dapil ini yakni sebanyak tujuh kursi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari laman pemilu2024.kpu.go.id, hingga Kamis (15/2/2024) pukul 15.00 WIB, hasil quick count Pileg DPRD Jateng 2024 di Dapil Jateng 2 ini masih dikuasai para caleg petahana atau incumbent. Mereka antara lain Benny Karnadi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Miftah Reza dari Partai Gerindra, Dyah Kartika Permanasari dari PDIP, Yusuf Hidayat dari Golkar, Ida Nurul Farida dari PKS, dr. Sholeha Kurniawati dari PPP.

Keenam caleg petahana itu meraup suara cukup banyak di Dapil Jateng 2. Dyah Kartika Permanasari bahkan memimpin perolehan suara dengan meraup 1.501 suara. Sementara Ida Nurul Farida meraih 920 suara, disusul Yusuf Hidayat dengan 858 suara, Benny Karnadi dengan 692 suara, Miftah Reza dengan 683 suara, dan dr Sholeha Kurniawati dengan 672 suara.

Kendati demikian, hasil quick count Pileg DPRD Jateng 2024 di Dapil Jateng 2 bukannya tanpa kejutan. Ada sejumlah caleg non-petahana yang meraup suara cukup banyak, bahkan mengungguli sejumlah caleg petahan. Mereka antara lain Bagus Suryokusumo dari PDIP yang meraih 1.186 suara dan dr Biena Munawa Hatta dari Partai Golkar yang meriah 1.032 suara.

Kendati demikian, hasil perhitungan suara cepat atau quick count Pileg DPRD Jateng 2024 yang ditayangkan dalam situs web resmi KPU ini belum sepenuhnya final. Perhitungan suara ini baru mencakup 105 tempat pemungutan suara (TPS) dari 7.494 TPS atau sektar 1,40 persen dari total TPS yang ada di Dapil Jateng 2.

Dengan demikian masih ada kemungkinan suara para petahana itu bisa mengejar caleg lain untuk mengamankan kursinya di Gedung Berlian, sebutan bagi Gedung DPRD Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya