SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Anak Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purnawirawan) Budi Gunawan, Mochamad Herviano Widyatama, meraih suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif (Pileg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) dalam hasil perhitungan cepat atau quick count versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Rabu (14/2/2024) pukul 21.30 WIB.

Dilansir dari laman Internet KPU di pemilu2024.kpu.go.id, Herviano yang merupakan caleg dari PDIP itu meraih 6.260 suara. Raihan suara Herviano ini menjadi terbanyak di antara caleg lainnya di Dapil Jateng 1 yang meliputi wilayah Kabupaten Semarang, Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sementara itu, di urutan kedua caleg dengan raihan suara terbanyak ditempati Drs. Fadholi dari Partai Nasdem dengan raihan 3.665 suara.

Sedangkan kejutan justru datang dari caleg Partai Kebangkitan Nusantara, Oktafianus Bekuliu, yang mampu meraup dukungan 3.554 suara. Raihan Oktafianus ini bahkan mengalahkan caleg petahana seperti Yoyok Sukawi dari Partai Demokrat, yang meraih 1.917 suara dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Andy Budiman, yang hanya meraup 674 suara.

Dominasi Herviano yang merupakan putra Kepala BIN dan Ketua Umum DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) ini sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya. Sejumlah pengamat menyebut jika Herviano akan kembali meraup dukungan masyarakat di wilayah Semarang Raya untuk menjadi anggota DPR RI.

Ia disebut-sebut sebagai salah satu caleg potensial pada Pileg DPR RI dari Dapil Jateng I. Selain Herviano, caleg PDIP yang meraih suara cukup banyak di Dapil Jateng I adalah Dyah Kartika Rini dengan 1.747 suara dan Tuti N. Roosdiono dengan 1.417 suara.

Sementara Samuel JD Wattimena meraih suara 1.329 dan putri mendiang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, drg Rahajeng Widyaswari Tjahjo Kumolo, hanya mampu meraih 871 suara.

Kendati demikian, hasil quick count Pileg DPR RI Dapil Jateng I yang dirilis KPU melalu laman pemilu2024.kpu.go.id ini belum sepenuhnya final. Hal ini dikarenakan hasil ini merupakan perhitungan suara di 215 TPS dari 12.140 TPS yang ada di Dapil Jateng I yang meliputi Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kendal, dan Kota Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya