SOLOPOS.COM - Lambang PDIP. (Dok Solopos)

Solopos.com, SALATIGA — Perolehan kursi DPRD Kota Salatiga di PDIP dipastikan tidak akan mengalami penambahan atau pengurangan dalam Pemilu Legislatif 2024.

Berdasarkan rapat pleno tingkat kecamatan di empat wilayah kecamatan di Kota Salatiga, diketahui PDIP hanya memperoleh 8 kursi DPRD Salatiga. Jumlah itu sama seperti hasil Pemilu Legislatif 2019.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishkak Palit, menyebutkan delapan kursi itu diraih secara merata di empat daerah pemilihan (dapil) di Kota Salatiga.

“Jadi dari empat dapil itu PDIP dapat 8 kursi. Setiap dapil menyumbang dua kursi,” ujar Dance saat dihubungi Solopos.com, Kamis (29/2/2024) malam.

Dapil Salatiga 1 meliputi Kecamatan Sidomukti. Sementara Dapil Salatiga 2 meliputi Kecamatan Sidorejo, Dapil Salatiga 3 Kecamatan Tingkir, dan Dapil Salatiga 4 merupakan Kecamatan Argomulyo.

Dance menyebutkan perolehan 8 kursi itu menjadikan PDIP sebagai partai politik peraih kursi terbanyak di DPRD Kota Salatiga. Berdasarkan rapat pleno di tingkat kecamatan itu, dari 25 kursi DPRD Kota Salatiga terbagi untuk PDIP meraih 8 kursi, PKB 5 kursi, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sosial (PKS) masing-masing 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, dan Nasdem 1 kursi.

“Yang tambah cuma PKB, dapatnya 5 kursi [sebelumnya 4 kursi],” tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Salatiga.

Kendati demikian, Dance belum menyebutkan siapa saja caleg PDIP yang akan mengisi 8 kursi di DPRD Kota Salatiga itu. Ia memilih untuk menunggu hasil penetapan.

“Nanti saja, pelantikan juga masih lama kok. Masih Agustus nanti,” terangnya.

Dance juga enggan berkomentar panjang lebar terkait hasil Pemilu Legislatif DPRD Kota Salatiga, di mana PDIP hanya memperoleh 8 kursi. “Ya itulah hasilnya. Kami juga belum melakukan evaluasi. Kalau soal target, memang kami kemarin berharap bisa dapat lebih, cuma ya itulah hasilnya,” ujar Dance.

Kendati demikian, dengan hasil tersebut kemungkinan besar komposisi kursi ketua atau pimpinan DPRD Kota Salatiga tidak akan mengalami banyak perubahan. PDIP selaku partai dengan suara atau kursi terbanyak diprediksi akan kembali mengisi posisi ketua DPRD Salatiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya