SOLOPOS.COM - Kepala Desa Delik Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah Punadi (dua kiri) bersama Camat Tuntang dan perangkat desa menunjukkan penghargaan sebagai Desa Cantik dari BPS RI Jumat (8/12/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN — Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akhirnya keluar sebagai salah satu desa yang berhasil meraih 10 Desa Cinta Statistik (Cantik) terbaik se-Indonesia 2023. 

Penghargaan itu diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI dalam acara yang bertajuk Award Desa Cantik, Desa Cinta Statistik di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (4/12/2023). Program Desa Cantik BPS bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dan kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kades Delik Punadi menjelaskan, pemanfaatan data dari desa cantik ini bakal menjadi pedoman perencanaan pembangunan di 2024. Dikatakannya, program unggulan dari Delik adalah penangganan kesehatan, pendidikan, kemiskinan ekstrim, dan warga lanjut usia (lansia).

“Saat ini data foto dan lainya sudah terdokumentasi secara lengkap. Kominfo juga sudah membuatkan website. Sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung, termasuk mencermati penggunaan anggaran desa,” terang Punadi, saat ditemui Solopos.com di Balai Desa Delik, Jumat (8/12/2023).

Punadi menceritakan sebelum lomba dimulai, pihaknya harus bekerja keras untuk mengumpulkan data dari tingkat RT. Kemudian data itu disetorkan ke desa melalui agen statistik. Sehingga data tersebut saat ini sudah tersusun rapi dan dikelola oleh Pemdes Delik.

“Kalau penilaian sendiri dilakukan dari BPS sejak 2022 lalu, setelah lolos di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi kini juara di tingkat nasional,” katanya.

Pundi mengaku, manfaat data statistik itu diantaranya digunakan untuk mengambil kebijakan bantuan pendidikan, warga lansia, pengentasan kemiskinan, dan program jambanisasi. 

“Dari data yang kita dapatkan, banyak warga yang masih BAB di aliran sungai. Sehingga kita buat program jambanisasi,” beber Punadi.

Sementara itu, Camat Tuntang Aris Setyawan mengaku bangga dengan penghargaan untuk Desa Delik yang telah mewakili Kabupaten Semarang di tingkat Nasional. 

Kecamatan Tuntang mengirim perwakilan tiga desa di ajang itu, yakni Desa Lopait, Desa Kesongo, dan Desa Delik. Namun hanya Desa Delik yang lolos hingga ke tingkat Nasional dan mendapatkan penghargaan.

Aris menyebut, lomba dari BPS RI ini baru kali pertama dilakukan sekaligus untuk mengenalkan statistik dari tingkat desa.

“Jika dulu ada anggapan program turun ke desa identik dengan pemberian bantuan, maka saat ini dengan adanya data desa yang lengkap akan menjadi pertimbangan pembangunan,” jelas Aris.

Selain Desa Delik, desa lainnya yang juga masuk dalam 10 Desa Cantik Terbaik 2023 antara lain Desa Kampung Gadang (Sumatra Barat), Desa Bailanggu (Sumatera Selatan), Kelurahan Tahoa (Sulawesi Utara), Desa Cibeureum (Jawa Barat), Desa Bumiayu (Jawa Tengah), Desa Sumbersuko (Jawa Timur), Desa Wanasari (Bali), Desa Kalimantong (Nusa Tenggara Barat), dan Desa Mendupo (Kalimantan Utara).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya