SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Salatiga Intiyas Utami (dua kanan) saat menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Tahun 2023 Selasa (19/12/2023). (Istimewa/UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA – Kabar gembira datang bagi civitas academica Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pada penghujung tahun 2023. Perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Salatiga ini berhasil memborong penghargaan dalam Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Tahun 2023.

Dalam acara yang diselenggarakan LLDikti Wilayah VI di Hotel Patra, Kota Semarang, Selasa (19/12/2023) itu, UKSW sukses menyabet enam penghargaan. Keenam penghargaan itu yakni Kategori PTS Akademik dengan Pemenuhan Dharma Pembelajaran Terbaik, PTS Akademik dengan Tata Kelola Kerja Sama Terbaik, PTS Akademik dengan Publikasi Per Dosen Terbaik, PTS Akademik dengan Sitasi Per Dosen Terbaik, PTS Akademik dengan Kinerja Penelitian Terbaik, serta Perguruan Tinggi dengan Satgas PPKS Terdaftar Portal PPKS Kemdikbud.

Rektor UKSW, Prof Intiyas Utami, menyatakan rasa syukurnya karena di akhir tahun ini mendapat kejutan manis dengan diterimanya enam anugerah penghargaan dari LLDikti Wilayah VI. “Kami mengucapkan terima kasih kepada LLDikti Wilayah VI atas anugerah yang diterima UKSW,” ungkap Rektor UKSW Prof Intiyas Utami.

Diungkapkannya, capaian ini tentunya tidak lepas dari kerja keras seluruh civitas academica UKSW, dedikasi para dosen dalam bidang penelitian, publikasi, serta pengajaran. Selain itu juga kinerja para pimpinan dan Direktorat Kerja Sama (Diker) dalam meningkatkan pengelolaan kerja sama, dan juga peran Satgas PPKS UKSW yang berjuang untuk mengimplementasikan kebijakan pencegahan kekerasan seksual di UKSW.

“Kunci kesuksesan ini adalah penerapan siklus penjamin mutu di bidang Tri Dharma yang terus kami upayakan,” imbuhnya.

Raihan prestasi ini tentu menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja UKSW dalam berbagai aspek lain dan terus mempertahankan prestasi gemilang UKSW. Kiranya karya-karya gemilang dari dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan UKSW dapat terus diraih agar menunjukkan kualitas menuju World Class University.

Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Prof Kristoko Dwi Hartomo, dalam hal riset dan pengabdian masyarakat strategi yang dilakukan adalah bimbingan teknis update data pada laman Sinta, pengembangan dan sinkronisasi sistem penelitian, dan insentif publikasi. Tidak hanya itu, DRPM juga melakukan pengumpulan data yang melibatkan Koordinator Riset Inovasi Kewirausahaan (RIK) di tingkat fakultas, serta fasilitasi bootcamp penulisan artikel bereputasi.

“Tentunya penghargaan ini bukan kontribusi dari DRPM saja, tetapi dapat kita peroleh karena arahan pimpinan, terutama Rektor dan WR RIK, seluruh staf DRPM juga Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK) yang telah bekerja keras input data, dan kinerja dosen di lingkungan UKSW,” imbuh Prof Kristoko.

Kepala LLDikti Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, dalam sambutannya mengatakan acara tersebut merupakan bentuk apresiasi LLDikti VI terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) di Jateng. Ia mengungkapkan rasa syukurnya dan menuturkan bahwa anugerah ini diberikan atas komitmen dan inovasi yang tinggi untuk diberikan penghargaan.

“Kami semua dari brayat agung LLDikti Wilayah VI tentu saja berkomitmen untuk terus bergerak mendampingi Bapak dan Ibu sekalian menuju puncak,” katanya.

Rekomendasi
Berita Lainnya