SOLOPOS.COM - Ilustrasi Penembakan (Solopos)

Solopos.com, SEMARANG – Pelaku penembakan yang menewaskan satu orang di Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/1/2024) malam, telah diringkus aparat kepolisian. Total ada tiga pelaku penembakan yang ditangkap, di mana salah satunya diringkus di wilayah Kabupaten Kendal, saat hendak kabur ke Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Johanson Ronald Simamora, kepada Solopos.com, Senin (29/1/2024). Kombes Pol Johaanson mengatakan ketiga pelaku ditangkap secara terpisah. Dua pelaku ditangkap lebih dulu di Karanganyar, sedangkan satu pelaku lagi ditangkap di Kendal.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Pelaku yang ditangkap di Kendal, lanjut Dirreskrimum Polda Jateng, merupakan tersangka utama. “Terpisah [penangkapan ketiga pelaku]. Satu pelaku utama kami amankan di Kendal saat mau kabur ke Jakarta, sedangkan dua yang membantu ditangkap di Karanganyar,” ujar Kombes Pol Johanson Ronald Simamora.

Kendati demikian, Dirreskrimum Polda Jateng belum menjelaskan secara detail terkait motif pelaku melakukan penembakan itu. Ia juga enggan mengungkapkan status pelaku yang dikabarkan merupakan desertir atau pecatan anggota TNI.

Ia hanya memastikan bahwa ketiga pelaku saat ini telah ditangkap dan meringkuk di tahanan Mapolda Jateng sambil menjalankan pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan itu akan diumumkan ke publik melalui jumpa pers.

“[Kapan jumpa pers?] Kan masih pengembangan, bagaimana mau gelar [kasus]. Ini juga lagi kami cek kebenarannya [pelaku merupakan desertir TNI]. Yang penting kita tangkap dulu, jadi ini masih penyelidikan,” terngnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Yudha Bagus Setiawan, 36, ditembak oleh orang tak dikenal di wilayah Todan, Desa Tohudan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Jumat (26/1/2024) malam. Akibat luka tembakan tersebut korban langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

Aksi penembakan itu terjadi saat korban bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Brigade Umar Bin Khattab mendatangi lokasi perjudian di Tohudan, Colomadu, Karanganyar. Namun, kedatangan mereka justru disambut sejumlah orang yang melakukan perlawanan hingga terjadi penembakan.

Ada dua orang anggota ormas Islam, Brigade Umar Bin Khattab, yang tertembak. Selain Yudha, korban lain bernama Kipli. Namun, Kipli berhasil diselamatkan rekan-rekannya yang langsung membawa ke rumah sakit. Sedangkan Yudha ditemukan di sekitar lokasi penggerebekan dalam kondisi meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya