SOLOPOS.COM - Ijtima ulama se-Jateng di Semarang, Minggu. (ANTARA/HO-PKB jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Ketua Umum DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, diusung sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024. Hal itu menjadi rekomendasi yang diputuskan dalam Ijtima Ulama se-Jawa Tengah, Minggu (26/5/2024).

Koordinator Ijtima Ulama, Badawi Basyir, para ulama yang hadir dalam pertemuan tersebut berasal dari struktur DPC PKB serta para pengasuh pondok pesantren di Jawa Tengah.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Menurut Badawi, para ulama telah menyampaikan pendapat yang mengerucut pada pencalonan Gus Yusuf yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren API Tegalrejo, Kabupaten Magelang itu.

Meski demikian, lanjut dia, terdapat tiga catatan penting dari hasil kesepakatan tersebut, seperti mendukung penuh pencalonan Gus Yusuf sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

“Mendukung dengan catatan, Gus Yusuf tidak boleh lepas dari akar pesantren,” katanya yang dikutip dari Antara.

Kemudian, lanjut dia, PKB harus melihat realitas dan dinamika politik yang kuat bahwa Gus Yusuf harus menang jika maju dalam pilkada

“PKB harus serius, kita menangkan bareng-bareng,” katanya.

Sementara pengasuh Pondok Pesantren AL Mubarok Wonosobo, Nur Hidayatullah, menambahkan pemilihan gubernur merupakan kepentingan untuk mewujudkan kemaslahatan dan kebaikan bagi seluruh masyarakat Jawa Tengah.

Oleh karena itu, kata dia, Gus Yusuf memperoleh mandat dan amanat untuk berijtihad politik, konsolidasi, komunikasi, sosialisasi dan promosi ke seluruh masyarakat agar menang. Sementara itu pemilihan kepala daerah serentak akan digelar pada November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya