SOLOPOS.COM - Maron Mangrove Edupark Semarang. (bob.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Hutan mangrove atau hutan bakau seringkali tumbuh di sepanjang pesisir pantai, tak terkecuali di sejumlah pantai di Jawa Tengah (Jateng). Berikut lima hutan bakau atau mangrove yang ada di Jawa Tengah (Jateng) dan kerap menjadi destinasi wisata pantai yang menarik.

Hutan mangrove memberikan manfaat yang cukup besar bagi penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai. Hal itu dikarenakan hutan mangrove dipercaya mampu mencegah abrasi air laut di kawasan pesisir.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Nah, di Jateng ada beberapa hutan mangrove yang terkenal cantik. Bahkan beberapa di antaranya kerap menjadi destinaasi wisata unggulan di daerah tersebut.

Berikut beberapa hutan mangrove yang ada di Jateng:

1. Hutan Mangrove Karimunjawa

Selain deretan pantai yang cantik dan pesona bawah laut yang kaya, Karimunjawa juga memiliki destinasi wisata hutan mangrove dengan alam yang sejuk. Hutan Mangrove Karimunjawa terletak di Desa Kemujan. Luas kawasan hutan tanaman penahan abrasi mencaapai 10,5 kilometer persegi dan masuk dalam kawasan Taman Nasional.

Sejumlah spot menarik ada di hutan mangrove Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Salah satu spot itu adalah jembatan panjang yang terbuat dari kayu. Jembatan panjang ini menghubungkan beberapa keindahan hutan yang cukup luas, serta terhubung dengan beberapa shelter untuk isthirahat.

Saat berada di Hutan Mangrove Karimunjawa pengunjung bisa melakukan trekking di atas jalur trek kayu sepanjang 1,3 kilometer. Nantinya, setelah berjalan sejauh sekitar 700 meter, pengunjung bisa menemukan menara pandang tinggi yang bisa digunakan untuk melihat luasnya area pariwisata hutan bakau Karimunjawa. Dari ketinggian menara pandang ini wisatawan bisa melihat Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, dan Pulau Menyawakan.

2. Hutan Mangrove Kebumen

Kabupaten Kebumen tidak hanya terkenal memiliki sejumlah pantai yang apik. Di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), wisatawan juga bisa menikmati wisata alam hutan mangrove yang mempesona. Hutan mangrove ini terletak di Jalan Ayah – Karangbolong, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Bagi kamu yang ingin berkeliling kawasan menaiki perahu juga bisa, karena di sini juga disediakan persewaan perahu. Spot yang paling menarik di sini adalah adanya gazebo bertingkat, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan hutan dari atas gazebo.

3. Hutan Maron Mangrove Edupark Semarang

Pusat konservasi mangrove di Semarang ini menjadi garda terdepan penjaga bibir pantai Kota Lumpia yang dikenal kerap dilanda rob. Maron Mangrove Edupark merupakan wisata edukasi hutan mangrove yang terletak di Desa Tugu, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Tempat wisata ini didirikan pada 2014 oleh Mekar Tani Lindung (Metal). Mereka merupakan kelompok petani dan nelayan di Tugu yang memiliki keinginan untuk mengembangkan edukasi tentang mangrove di tempat ini.

4. Hutan Mangrove Pasarbanggi

Wisata Hutan Mangrove Pasarbanggi terletak di Pasarbanggi, Kecematan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan hutan mangrove yang cantik serta adanya jembatan papan yang berwarna merah menembus lebatnya hutan mangrove di Desa Pasarbanggi, Rembang.

Di sekeliling jembatan, hutan bakau tampak rimbun sekali. Saking besarnya pohon-pohon bakau itu sampai membentuk sebuah terowongan. Terasa adem dan menenangkan. Di beberapa titik jembatan merah juga diberi semacam gardu pandang, sehingga wisatawan bisa naik dan menikmati panorama alam sekitar.

5. Hutan Mangrove Pandansari

Hutan Mangrove Pandansari merupakan destinasi wisata di Pulau Pasir Pandansari Brebes, Jawa Tengah. Hutan mangrove ini memiliki panjang trek sekitar satu kilometer. Menjadi salah satu lokawisata favorit di Brebes, tempat ini hampir selalu ramai pengunjung, khususnya pada akhir pekan.

Selain bisa menyaksikan keelokan hutan mangrove yang tertata rapi di wanawisata ini, kamu juga bisa puas-puas berfoto karena banyak spot foto yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya