SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur Alas Roban. (Instagram @explorebatang)

Solopos.com, SEMARANG — Hutan kerap disebut sebagai jantung kehidupan seluruh mahkluk di muka bumi. Namun, di balik itu, hutan juga kerap tersimpan cerita-cerita mistis yang menyeramkan, termasuk hutan yang ada di Jawa Tengah (Jateng). Berikut lima hutan di Jawa Tengah yang dikenal paling angker.

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki banyak hutan yang tersebar di berbagai daerah. Bahkan, berdasarkan data Perhutani, luas kawasan hutan di Jawa Tengah mencapai 635.746,79 hektare yang terdiri dari hutan produksi, hutan produksi terbatas, dan hutan lindung.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Dari banyak hutan di Jateng itu, lima di antaranya banyak menyimpan cerita misteri. Berikut lima hutan di Jawa Tengah (Jateng) yang disebut-sebut paling angker dibandingkan hutan lainnya.

1. Alas Roban

Hutan yang dikenal paling angker di Jawa Tengah adalah Alas Roban. Secara administrasi, hutan ini terletak di Kecamatan Grising, Kabupaten Batang.

Hutan ini terkenal sangat misterius dan menakutkan. Setiap pengendara mobil yang melewati hutan ini selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat malam hari.

Banyak cerita misteri yang menyelimuti hutan ini. Banyak orang yang percaya kalau hutan ini merupakan tempat tinggal makhluk halus seperti buto ijo, wewe gombel, dan kuntilanak. Cerita keangkeran Alas Roban ini turut diperkuat dengan cerita sejarah jika banyak masyarakat Indonesia yang dipaksa kerja rodi pada masa penjajahan meninggal di tempat ini. Selain itu, pada masa Orde Baru, Alas Roban juga dipercaya sebagai tempat pembuangan korban Petrus.

2. Hutan Blora

Hutan Blora juga disebut-sebut sebaga hutan paling angker di Jawa Tengah. Hal ini menyusul banyak kejadian aneh yang membuat masyarakat jadi takut untuk melewati jalan Hutan Blora.

Sejak dulu Hutan Blora sudah terkenal angker dan penuh mistis. Hal tersebut juga sudah terbukti lewat berbagai kejadian mistis di Hutan Blora Jawa Tengah. Kejadian mistis yang sempat viral di Hutan Blora adalah cerita tersesatnya sebuah bus di hutan itu. Meski pun, jalan yang dilalui bus itu secara nalar tidak bisa dilalui dengan mudah oleh kendaraan besar. Namun, bus itu bisa berada di tengah hutan tanpa mengalami catnya terkelupas atau lecet.

3. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus berada di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hutan ini juga dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa Tengah.

Hutan ini dulunya merupakan kerap digunakan para pencinta motor trail dan offroader karena struktur lintasan yang terjal dan menanjak. Maka dari itu hutan ini sering terjadi kecelakaan sehingga lintasan tersebut ditutup untuk beberapa lama dan sekarang berubah menjadi tempat wisata alam Hutan Pinus Limpakuwus.

Di balik keindahan alamnya yang menyejukkan mata, hutan ini menyimpan kisah mistis. Menurut cerita yang beredar, ada orang yang menghilang di hutan ini karena mengikuti seseorang yang seolah membawanya ke alam gaib.

4. Hutan Tambakromo

Hutan Tambakromo yang terletak di sebelah selatan Gunung Liwung, Desa Wukirsari, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, disebut-sebut sebagai yang paling angker di Jawa Tengah. Hutan ini kerap menghadirkan sederet kisah misteri seperti mobil tersesat, kera jadi-jadian, dan lain-lain.

Cerita misteri yang terjadi baru-baru ini adalah tentang sebuah mobil Honda HRV yang tersesat ke dalam hutan pada Sabtu (11/2/2023) dini hari. Pengemudi mobil mengaku sebelumnya mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di Juwana. Namun, tiba-tiba dia justru tersesat di tengah Hutan Tambakromo.

5. Hutan Tongtongan

Hutan Tongtongan berada di Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Hutan ini disebut-sebut paling angker di Jawa Tengah (Jateng) karena merupakan lokasi kuburan massal aktivis PKI pada era 1965-1980.

Meski dikenal sebagai kuburan massal, tak ada jejak nisan di area hutan tersebut. Selain cerita soal kesurupan, ada juga cerita soal penampakan saat proses betonisasi ruas jalan di dekat hutan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya