SOLOPOS.COM - Tugu Bandeng yang menjadi ikon Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (https://jalurrempah.kemdikbud.go.id/)

Solopos.com, PATI — Pati merupakan nama kabupaten yang terletak di bagian utara Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Memiliki luas wilayah sekitar 150.368 hektare, inilah kecamatan terluas di Kabupaten Pati.

Berdasarkan data Kabupaten Pati dalam Angka 2024 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (28/2/2024), Kabupaten Pati memiliki luas sekitar 150.368 hektare. Luas sebanyak itu terdiri dari 59.299 hektare lahan sawah, 60.314 hektare lahan bukan sawah, dan 30.755 hektare lahan bukan pertanian.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Kabupaten Pati terbagi menjadi 21 kecamatan, dengan ibu kotanya adalah Kecamatan Pati. Sementara kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Pati adalah Sukolilo.

Berdasarkan data BPS, Kecamatan Sukolilo memiliki luas sekitar 158,74 km persegi atau 10,56% dari total luas Kabupaten Pati. Sementara di posisi kedua adalah Kecamatan Pucakwangi dengan luas 122,83 km persegi atau 8,17% dari total luas Kabupaten Pati.

Sedangkan di urutan ketiga sebagai kecamatan terluas di Kabupaten Pati adalah Winong, dengan luas mencapai 99,94% atau 6,65% dari total luas kabupaten tersebut. Di urutan keempat ada Kecamatan Kayen dengan luas 96,03 km persegi atau 6,39% dan Tlogowungu di urutan kelima dengan luas mencapai 94,46 km persegi.

Sebagai kecamatan terluas di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), Sukolilo rupanya dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Kayen. Dengan kata lain Sukolilo merupakan daerah hasil pemekaran wilayah Kecamatan Kayen.

Berdasarkan PP No. 17 Tahun 1985, Sukolilo yang dulunya merupakan Perwakilan Kecamatan Kayen berubah status menjadi kecamatan definitif. Sejak saat itu, Sukolilo pun resmi menjadi kecamatan yang terdiri dari 16 desa atau kelurahan.

Sebagai kecamatan terluas di Pati, Sukolilo memiliki sejumlah potensi, salah satunya di sektor pariwisata. Ada beberapa destinasi wisata di Sukolilo yang menjadi daya tarik wisatawan antara lain Air Terjun Tadah Hujan, Gua Wareh, hingga Rawa Teratai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya