SOLOPOS.COM - Stasiun Plabuan di Batang menjadi satu-satunya stasiun di Jawa Tengah yang dibangun di dekat pantai. (heritage.kai.id)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang memiliki sederet stasiun bersejarah dan unik di Jawa Tengah (Jateng). Namun dari sekian banyak stasiun unik di Jawa Tengah (Jateng) itu ada satu yang cukup menyita perhatian karena lokasinya dekat dengan pantai, yakni Stasiun Plabuan.

Stasiun Plabuan merupakan stasiun kelas III/kecil yang terletak di Ketanggan, Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng). Stasiun ini terletak pada ketinggian 4 meter di atas permukaan laut dan masuk wilayah PT KAI Daop 4 Semarang. Stasiun ini diberi nama Plabuan karena berada di Dukuh Plabuan.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dilansir dari heritage.kai.id, Stasiun Plabuan menjadi satu-satunya stasiun yang terletak persis di dekat pantai, tak hanya di Jawa Tengah tapi juga di Indonesia. Stasiun dibuka kali pertama pada tahun 1898. Awalnya Stopplat ini hanya memiliki satu jalur dan tidak memiliki wesel.

Awalnyaa bangunan stasiun ini hanya diperuntukan bagi pengisian air lokomotif karena di daerah tersebut terdapat sumber air. Kemudian pada tahun 1911-1921, bangunan stasiun ini direnovasi sekaligus ditambahkan jalur untuk persilangan kereta api.

Dahulu, pada zaman Belanda, pantai yang ada di dekat stasiun itu pun sering dikunjungi pekerja dari pabrik gula untuk piknik bersama keluarga. Walau hanya stasiun kecil, namun satu-satunya stasiun yang berada di dekat pantai di Jawa Tengah ini terbilang unik. Hal itu karena stasiun ini terletak di bawah bukit sehingga menampilkan panorama alam yang indah. Selain itu, tak jauh dari stasiun ini terbentang Laut Jawa.

Pada tahun 2014, posisi rel di stasiun ini digeser agak ke tengah karena beroperasinya jalur ganda, tujuannya untuk meningkatkan kecepatan KA. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi keindahan panorama alam di stasiun ini.

Saat ini tidak ada kereta api yang berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi penyusulan antarkereta api. Meski demikian, penumpang kereta api yang tengah melintas tetap bisa menikmati keindahan pemandangan dari kaca jendela penumpang.

Apalagi, biasanya kondektur akan mengumumkan kepada penumpang ketika kereta api melintas di Stasiun Plabuan, stasiun kereta api di Jawa Tengah yang letaknya di dekat pantai.

Selain itu, ada rencana pemerintah untuk mengembangkan Stasiun Plabuan ke depannya. Hal ini seiring dengan dibangunnya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, yang membutuhkan berbagai fasilitas pendukung termasuk infrastruktur pelabuhan dan stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya