SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, saat meninjau Pos Terpadu GT Kalikangkung, Kamis (27/4/2023). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Pejabat utama di lingkungan Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) mengalami perubahan. Salah satunya adalah posisi Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Jateng yang sebelumnya dijabat Brigjen Pol Abioso Seno Aji, beralih kepada Kombes Pol Agus Suryonugroho, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantans) Polda Jateng. Berikut profil Kombes Pol Agus Suryonugroho.

Jajaran Polda Jateng saat ini memang tengah mengalami rotasi dan mutasi. Ada sekitar 513 anggota Korps Bhayangkara dari tingkat perwira tinggi (pati) hingga perwira menengah (pamen) yang mengalami perubahan posisi.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/2750/XII/KEP./2023 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo. Di dalam mutasi tersebut tiga nama pejabat utama Polda Jateng mendapat promosi bintang salah satunya adalah Dirlantas Kombes Pol Agus Suryonugroho.

Agus yang sebelumnya menjabat Dirlantas dipromosikan menjadi Wakapolda Jateng dengan pangkat Brigjen Polisi. Sementara Brigjen Pol Abioso Seno Aji akan mendapat promosi jenderal bintang dua menjadi Widya Iswara Kepolisian Utama Tingkat 1 Sespim Lemdiklat Polri, menggantikan Irjen Pol Roycke Harry Langie. Sedangkan perwira lain Polda Jateng yang mendapat promosi adalah Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirintelkam Polda Jateng.

“Promosi kenaikan pangkat dan jabatan tersebut merupakan penghargaan pimpinan Polri atas kerja keras dan dedikasi yang diberikan kepada personel Polri,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/12/2023).

Kombes Pol Agus Suryonugroho sebenarnya bukan sosok yang asing di Jawa Tengah. Pria yang menjabat Wakapolda baru di Jateng ini merupakan putra asli Boyolali. Agus lahir di Boyolali pada tahun 1967.

Agus merupakan alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Ia memilik banyak pengalaman di bidang lalu lintas.

Sebelum menjabat sebagai Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus tercatat pernah menjabat sebagai Kasubditlaka Ditgakkum Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Ia juga pernah menjabat sebagai kapolres di dua wilayah di Jateng, yakni Kapolres Boyolali dan Kapolres Kendal.

Demikian profil singkat Kombes Pol Agus Suryonugroho, yang dipromosikan untuk menjabat sebagai Wakapolda Jateng yang baru dengan pangkat Brigjen Polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya