SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, ditunjuk mengisi posisi Wakapolda Jateng menggantikan Brigjen Pol Abioso Seno Aji. (Dok. Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Mutasi besar-besaran terjadi di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng). Ada 513 aparat Polri di lingkungan Polda Jateng, mulai dari tingkat perwira tinggi (pati) hingga perwira menengah, terkena rotasi jabatan, salah satunya Wakapolda Jateng.

Mutasi pejabat Polda Jateng itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/2750/XII/KEP/2023 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Di dalam mutasi tersebut tiga nama pejabat utama Polda Jateng mendapat promosi bintang yaitu, Wakapolda Brigjen Pol Abioso Seno Aji, Dirlantas Kombes Pol Agus Suryonugroho dan Dirintelkam Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo

Brigjen Pol Abioso mendapat promosi jabatan bintang dua menjadi Widya Iswara Kepolisian Utama Tingkat l Sespim Lemdiklat Polri menggantikan Irjen Pol Roycke Harry Langie yang menduduki jabatan baru sebagai Kakor Binmas Baharkam Polri.

Sementara itu, posisi Wakapolda Jateng yang baru akan dijabat Kombes Pol Agus Suryonugroho, yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Jateng. Sedangkan posisi Dirlantas Polda Jateng akan diisi Kombes Pol Sonny Irawan, yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Kaltim.

Sementara Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirintelkam Polda Jateng, mendapat promosi jabatan bintang satu sebagai agen intelijen Kepolisian Utama Tingkat 1 di Baintelkam Polri.

Atas promosi kenaikan bintang para pejabat Polda Jateng tersebut, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengucapkan selamat dan salut.

“Promosi kenaikan pangkat dan jabatan tersebut merupakan penghargaan pimpinan Polri atas kerja keras dan dedikasi yang diberikan kepada personel Polri,” kata Kabidhumas, Jumat (8/12/2023).

Putra Solo

Sebagaimana diketahui, Brigjen Abioso Seno Aji merupakan putra daerah Solo yang lahir pada tahun 1970. Beliau banyak mengenyam pendidikan kepolisian baik di dalam negeri maupun luar negeri

Brigjen Abioso merupakan alumnus Akpol angkatan 1992 dan banyak berpengalaman di Korps Brigade Mobil (Brimob). Sebelum menjadi Wakapolda Jateng, beliau pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Semarang dan Karo Paminal Divpropam Polri.

Sementara Kombes Agus Suryonugroho dilahirkan di Boyolali tahun 1967. Beliau merupakan alumnus Akpol 1991 dan banyak berpengalaman di bidang lalu lintas. Sebelum menjadi Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus menjabat Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri serta pernah menjadi Kapolres Boyolali dan Kapolres Kendal

Sedangkan, Kombes Kukuh Kalis Susilo merupakan pria kelahiran Magelang tahun 1969 dan alumnus Akpol 1992. Dirinya merupakan sosok yang amat berpengalaman di dunia intelijen dan pernah menjabat Kapolres Semarang Timur, Kapolres Rembang serta Kapolres Blora

Berikut daftar perwira Polda Jateng yang terkena rotasi atau mutasi jabatan:

  1. Kombes Pol Rudy Mulyantoko yang sebelumnya bertugas di Itwasum Polri diangkat sebagai Irwasda Polda Jateng menggantikan Brigjen Pol Drs. Untung Sudarto yang telah purna tugas.
  2. Kombes Pol Bayu Aji menjabat Dirintelkam Polda Jateng.
  3. Kombes Pol Fanny Annky Sugiharto sebelumnya Kapolresta Cilacap yang ditugaskan sebagai Dirlantas Polda Kalbar
  4. Kombes Pol Ruruh Wicaksono Kapolresta Magelang Diangkat Sebagai Kapolresta Cilacap
  5. Kombes Pol Mustofa Kapolresta Mataram Polda NTB Diangkat Sebagai Kapolresta Magelang
  6. AKBP Didik Priyo Sambodo Wadir Samapta Polda Jateng Diangkat Sebagai Dirpolairud Polda DIY
  7. AKBP Albertus Recky Robertho Kapolres Pekalongan Kota Diangkat Sebagai Kapolres Kebumen
  8. AKBP Doni Prakoso Widamanto Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jateng Diangkat Sebagai Kapolres Pekalongan Kota
  9. AKBP Donny Sardo Lumbantoruan Kasatreskrim Polrestabes Semarang Diangkat Sebagai Kapolres Wonosobo
  10. AKBP Agus Puryadi Kapolres Blora Diangkat Sebagai Kabagbinops Roops Polda Jateng
  11. AKBP Jaka Wahyudi Kapolres Tegal Kota Diangkat Sebagai Kapolres Blora
  12. AKBP Rully Thomas Kasibiyan BPKB Subdit BPKB Ditregident Korlantas Polri Diangkat Sebagai Kapolres Tegal Kota
  13. AKBP Era Johny Kurniawan Kapolres Banjarnegara Diangkat Sebagai Kabagwassidik Ditreskrimsus Polda Jateng
  14. AKBP Erick Budi Santoso Kasubbaggakplin Baggaktibplin Roprovos Divpropam Polri Diangkat Sebagai Kapolres Banjarnegara
  15. AKBP Yolanda Evalyn Sebayang Kapolres Magelang Kota Diangkat Sebagai Wakapolres Metro Tangerang Kota
  16. AKBP Herlina Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Polda Jatim Diangkat Sebagai Kapolres Magelang Kota.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya