SOLOPOS.COM - Nasi pindang khas Kudus disajikan dengan daging kerbau dan kuah segar yang menyerupai rawon (Youtube/Dyodoran)

Solopos.com, SEMARANG — Nasi pindang sejatinya merupakan makanan khas dari daerah Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Namun, seiring perkembangan zaman, nasi pindang banyak disajikan warung-warung makan di luar Kudus, termasuk di Kota Semarang. Berikut rekomendasi lima warung makan yang menyajikan nasi pindang di Kota Semarang.

Dilansir dari laman id.wikipedia.org, nasi pindang merupakan masakan berupa nasi dan daging yang disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so. Nasi pindang memiliki kemiripan dengan nasi rawon dari Jawa Timur (Jatim). Persamaan rawon dan pindang adalah sama-sama menggunakan daging irisan. Namun bedanya, kuah nasi pindang memakai santan sedangkan rawon tidak. Perbedaan yang lain adalah nasi pindang terdapat aroma daun melinjo, sedangkan rawon terdapat taoge.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Nasi pindang semula disajikan dengan irisan daging kerbau. Hal ini dikarenakan masyarakat Kudus memiliki larangan memakan daging sapi, guna menghormati pemeluk agama Hindu.

Meski demikian, belakangan ini nasi pindang disajikan dengan irisan daging sapi. Hal ini dikarenakan nasi pindang sudah mulai disajikan di berbagai daerah, termasuk Kota Semarang.

Di Semarang banyak warung makan yang menyajikan nasi pindang. Berikut rekomendasi lima warung makan di Semarang yang menyajikan nasi pindang khas Kudus.

1. Nasi Pindang Pak Ndut

Rekomendasi warung nasi pindang di Semarang salah satunya adalah Warung Nasi Pindang Pak Ndut di Jalan Stadion Selatan Nomor 1, Kota Semarang. Nasi pindang di warung ini dibanderol dengan harga Rp12.000 per porsi.

Nasi pindang di warung ini memiliki isian yang cukup komplet dengan daun melinjo dan potongan daging sapi. Selain itu kauh kaldu santan juga pekat, ditambah lagi lauk yang cukup nikmat mulai dari otak-otak goreng, jeroan, sapi, dan lain sebagainya.

2. Nasi Pindang RM Trisno Sari

Rekomendasi warung nasi pindang lainnya di Kota Semarang adalah Nasi Pindang RM Trisno Sari di Jalan Majapahit 176A, Gayamsari, Kota Semarang. Menu favorit rumah makan ini adalah nasi pindang dengan banyak pilihan topping yang menggoda seperti aneka gorengan, pia udang, bothok telur asin, sate kerang dan masih banyak lainnya.

Seporsi nasi pindang di warung ini dihargai Rp17.000.

3. Nasi Pindang Spesial Bu Yuli

Rekomendasi warung nasi pindang lainnyaa di Semarang adalah Nasi Pindang Spesial Bu Yuli yang beralamat di Jalan Lampersari Nomor 9, Peterongan, Semarang. Warung ini buka mulai jam 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Kedai yang mulai berdiri dari tahun 1969 ini menawarkan nasi pindang sapi yang bisa disantap dengan aneka gorengan. Mulai tempe, tahu dan mendoan. Untuk harga setiap menunya dibanderol mulai Rp10.000 hingga Rp20.000.

Selain nasi pindang, di warung ini juga tersedia menu lain seperti nasi lodeh, sayur asem, soto sapi, sop dan masih banyak lainnya. Nasi lodehnya juga jadi menu favorit. Terdiri dari nasi yang diberi lauk peyek ikan asin dan lodeh sayur.

4. Nasi Pindang Kudus & Soto Sapi Gajah Mada

Warung nasi pindang lain di Semarang yang layak mendapatkan rekomendasi untuk didatangi adalah Nasi Pindang Kudus dan Soto Sapi Gajah Mada. Warung yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 9B, Kembangsari, Semarang, ini sudah ada sejak tahun 1987.

Yang spesial dari warung ini adalah cara memasak yang masih menggunakan tungku arang. Nasi pindang di warung ini dibanderol Rp20.000 per porsi.

5. Nasi Pindang Kranggan

Rekomendasi warung nasi pindang lainnya di Kota Semarang adalah Nasi Pindang Kranggan di Jalan Gajah Mada No. 138, Semarang. Warung ini buka sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Kekhasan nasi pindang di warung ini adalah taburan bawang gorengnya seabrek yang membuat kuahnya makin gurih. Harga seporsi nasi pindang di warung ini dibanderol Rp19.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya