SOLOPOS.COM - Baliho kader PKB Luqman Hakim yang bakal diusung maju dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Salatiga terpasang di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Kamis (14/3/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berniat mengusung kadernya sendiri dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan wali kota (pilwalkot) Salatiga 2024. Sosok yang akan diusung PKB tak lain adalah Luqman Hakim atau yang karib disapa Luqman Jambe.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PKB Salatiga, Saiful Mashud, Kamis (14/3/2024). Saiful membenarkan jika PKB berniat mengusung kader sendiri dalam bursa pemilihan kepala daerah di Salatiga pada November nanti.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Kita mengusung kader internal di pilkada nanti, yakni Mas Luqman Hakim,” tegas Saiful.

Luqman Hakim atau Luqman Jambe merupakan sosok baru yang masuk dalam bursa calon wali kota (cawali) Salatiga. Sebelumnya, sejumlah kandidat telah masuk dalam bursa Pilkada atau Pilwalkot Salatiga 2024. Mereka antara lain mantan Wakil Wali Kota Salatiga dua periode, Muh Haris; mantan Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, politikus PDIP Hartoko Budiono dan Pudjo Suseno, serta istri mantan Wali Kota Salatiga dua periode, Titik Kirnaningsih Yuliyanto.

Luqman Hakim merupakan sosok yang baru muncul dalam bursa calon wali kota Salatiga. Ia merupakan politikus senior PKB yang saat ini duduk di kursi DPR RI dari Dapil Pekalongan.

Baliho Luqman Hakim yang mengucapkan selamat beribadah puasa sudah banyak terpasang di jalan-jalan Kota Salatiga. Dalam baliho itu juga tertulis Luqman Hakim sebagai calon wali kota Salatiga periode 2024-2029.

Saiful mengaku pemasangan baliho itu sebagai wujud keseriusan PKB dalam mengusung Luqman Hakim. Ia berharap baliho itu bisa menjadi sarana memperkenalkan sosok Luqman Hakim kepada publik Kota Salatiga.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kota yang dilakukan KPU Kota Salatiga, belum lama ini, PKB dipastikan bakal meraih 5 kursi di DPRD Kota Salatiga atau 20% dari total kursi yang ada di DPRD Kota Salatiga. Dengan perolehan lima kursi itu, PKB pun bisa mengusung calon sendiri untuk maju di Pilkada atau Pilwalkot Salatiga 2024.

Komisioner KPU Salatiga, Jalal Pambudi, mengatakan pendaftaran pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Salatiga untuk Pilkada 2024 akan dibuka mulai 24 Agustus 2024. Setelah itu, tahapan akan dilanjutkan dengan pendaftaran calon pada 27 Agustus.

“Sedangkan untuk penetapan pasangan calon pada 22 September, untuk pelaksanaan kampanye pada tanggal 25 September dan untuk coblosan atau pemungutan suara pada tanggal 27 November,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya