SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan mengaji di pesantren. (Dok. Solopos.com-Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) kerap menjadi daerah tujuan bagi sebagian orang untuk menimba ilmu. Hal ini dikarenakan terdapat banyak fasilitas pendidikan di Jateng seperti kampus perguruan tinggi negeri hingga pondok pesantren. Berikut lima pondok pesantren terbesar atau terbaik di Jateng.

Dikutip dari situs web satudata.kemenag.go.id, ada sekitar 3.927 pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah (Jateng) dengan jumlah santri mencapai 558.620 orang.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dari ribuan pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah itu beberapa di antaranya tergolong pondok pesantren yang tua dan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Kendati demikian, tidak jarang juga ada pondok pesantren yang tergolong modern.

Bahkan, pondok pesantren modern itu memiliki sejumlah fasilitas yang canggih dan tak kalah dengan fasilitas pendidikan lainnya.

Berikut lima pondok pesantren terbesar di Jawa Tengah (Jateng) yang diolah Solopos.com dari berbagai sumber:

  • Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam merupakan salah satu pondok pesantren terbaik dan terbesar di Jawa Tengah (Jateng). Pondok pesantren ini terletak di Jalan Garuda Mas, Pabelan, Sukoharjo.

Ponpes Assalam memiliki luas sekitar 2.845 meter persegi. Selain itu, pondok ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan, lapangan indoor dan outdoor, gedung auditorium, resto, pusat kesehatan, hingga asrama dengan daya tampung mencapai 2.450 siswa.

  • Pondok Pesantren Darul Amanah

Pondok pesantren ini terletak di Desa Ngadiwarno, Sukorejo, Kabupaten Kendal. Pondok pesantren ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik dan terbesar di Jawa Tengah karena memiliki segudang fasilitas dan kualitas pembelajaaran yang lengkap.

Bahkan, Ponpes Darul Amanah kerap disebut-sebut sebagai ponpes yang paling cocok bagi anak-anak yang ingin menimba ilmu agama dan pendidikan formal. Banyak sekali kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti anak-anak di pondok ini gunaa menggali bakat sejak dini.

Selain itu, Pondok Pesantren Darul Amanah juga dilengkapi berbagai fasilitas antara lain asrama putra dan putri dua lantai, dua masjid terpisah putra dan putri, laboratorium, perpustakan, minimarket, hingga balai kesehatan. DI sini juga terdapat sekolah dengan tingkap pendidikan berbeda-beda mulaai dari MTS, MA, SMK, hingga perguruan tinggi.

  • Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang

Semarang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah ternyata juga memiliki pondok pesantren terbaik. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Askhabul Kahfi yang terletak di Jalan Raya Cangkrian-Gunungpati, Kecamatan Mijen.

Pondok pesantren ini memiliki berbagai fasilitas pendidikan mulai dari jenjang SMP, MTs, MA, SMK, dan perguruan tinggi. Selain itu, ponpes ini juga memiliki lima area kampus, perpustakan, laboratorium komputer dan otomotif, sarana olahraga, studio musik, minimarket, hingga penatu.

  • Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang

Pondok Pesantren Al-Anwar di Desa Karangmangu, Sarang, Kabupaten Rembang, disebut-sebut sebagai salah satu pondok pesantren terbesar di Jawa Tengah. Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1967 dan dirikan oleh KH Maimun Zubair, yang merupakan ayah dari Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimun.

Awalnya, Ponpes Al-Anwar Sarang di Rembang ini hanyalah sebuah kelompok pengajian yang didirikan oleh KH Zubair Dahlan, yang merupakan ayah KH Maimun Zubair, bersama KH Ahmad Syuaib. Pada awalnya kelompok ini melaksanakan pengajian di musala, lalu berkembang dengan mendirikan tiga kompleks bangunan. Ketiga kompleks bangunan ini kemudian dikembangkan oleh KH Maimun Zubair dan hingga kini menjadi salah satu ponpes terbaik di Jawa Tengah.

  • Ponpes Darul Falah Bangsri

Darul Falah merupakan pondok pesantren yang terletak di Bangsri, Kabupaten Jepara. Pondok pesantren ini disebut-sebut sebagai pesantren terbaik dan terbesar di Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

Pondok pesantren ini berada di bawah nanungan Yayasan Pendidikan Islam Amtsilati dan memiliki fasilitas pendidikan formal mulai dari MI, MTs, MA, hingga perguruan tinggi atau Ma’had Aly. Selain itu, pondok pesantren ini juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti gedung serbaguna, aula pesanggrahan, taman, perpustakaan, pusat medis, minimarket, kafe, hingga hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya