SOLOPOS.COM - Pemandangan di Telaga Menjer Wonosobo. (Istimewa/disparbud.wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBOWonosobo tak pernah gagal dalam menampilkan wisata alamnya. Tak ayal, Wonosobo selalu jadi tempat wisata populer di kalangan pencinta alam.

Tersembunyi di balik ketinggian pegunungan Wonosobo, Telaga Menjer telah menjadi primadona wisata alam karena daya tariknya yang memikat.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Dengan keindahan yang memukau dan suasana yang menenangkan, telaga ini semakin menarik perhatian para wisatawan dari berbagai penjuru.

Dilansir dari disparbud.wonosobokab.go.id pada Kamis (13/7/2023), telaga yang berada di ketinggian sekira 1.300 mdpl ini memiliki luas sekira 70 hektare dengan kedalaman telaga sekira 45 meter.

Dikelilingi oleh rerimbunan hutan yang lebat dan pemandangan pegunungan yang menawan, Telaga Menjer menyuguhkan panorama memanjakan mata yang memesona.

Berlokasi di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, wisatawan akan menempuh perjalanan sekira 11 km dengan waktu tempuh sekira 30 menit dari Alun-alun Wonosobo. Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, Telaga Menjer ini konon katanya merupakan danau terluas di kaki Dieng.

Dari berbagai sumber informasi mengatakan bahwa Telaga Menjer dulunya merupakan sebuah mata air kecil yang terbentuk dari terjadinya letusan Gunung Pakuwaja. Lambat laun, mata air kecil ini menjadi telaga besar dikarenakan terpaan intensitas air hujan dan mata air yang ada di sekitarnya.

Selain menjadi destinasi tempat wisata, Telaga Menjer juga difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Sensasi menyusuri telaga dengan perahu jadi salah satu kegiatan yang paling banyak disukai oleh para wisatawan yang hadir.

Buka setiap hari pada pukul 08.00 WIB-17.00 WIB, tiket masuk Telaga Menjer dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp5.000.

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama memuaskan pandangan dan merasakan ambience yang memikat jiwa, Anda bisa menginap dan melakukan camping atau glamping. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi di nomor 0831-3349-1839 atau direct message di Instagram @bukit_cinta_seroja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya