SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau Rumah Pompa Kali Tenggang, Rabu (15/10/2023). (Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas peristiwa banjir yang terjadi di Jalan Kaligawe-Genuk. Pihaknya telah memerintahkan BPBD untuk mengatasi permasalahan itu.

Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang, memastikan pemerintah akan terus memonitor kondisi yang ada titik-titik banjir.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Kami akan terus monitor dan menyampaikan maaf ada genangan yang tidak harusnya terjadi. Kemudian untuk menarik cepat airnya kita upayakan di belakang Unissula [Universitas Islan Sultan Agung] kita lakukan penarikan melalui pompa mobil,” kata politikus PDI Perjuangan itu, Rabu (15/11/2023).

Wali kota juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk terjun langsung mengatasi banjir yang masih menggenangi sejumlah titik di wilayahnya. BPDB kemudian diminta untuk menerjunkan pompa portable dengan tujuan mengurangi genangan air.

“Saya sudah memerintahkan BPBD dan DPU untuk menerjunkan masing-masing satu unit pompa mobile untuk mengatasi banjir di Kaligawe-Genuk. Kami akan terus monitor,” ujar Mbk Ita.

Ia menjelaskan, terkait banjir yang terjadi Jalan Kaligawe pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana.

“Di Kaligawe ada kewenangan dari BPJN untuk melakukan penanganan. Kami juga sudah rapat dengan BPJN dan berharap BPJN dan BBWS memahami kondisi dan posisi lokasi karena Genuk adalah muara terakhir di rumah pompa Sringin dan Tenggang,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Selasa (14/11/2023) malam, membuat wilayah Jalan Kaligawe dan beberapa wilayah Genuk tergenang banjir. Informasi yang diterima, ketinggian air banjir bervariasi mulai dari setinggi mata kaki hingga lutut orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya