SOLOPOS.COM - Ruang SMP Negeri 2 Pringsurat, Temanggung, yang terbakar, Selasa (27/6/2023). (Solopos.com-Antara/Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Seorang siswa SMP Negeri 2 Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap aparat polisi karena diduga membakar sejumlah ruang kelas di sekolah itu. Aksi nekat siswa berinisial R itu dilakukan pada Selasa (27/6/2023) dini hari WIB.

“Selain menangkap terduga pelaku, kami langsung melakukan pencocokan keterangan dan prarekonstruksi bersama terduga pelaku,” ujar Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, Selasa.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Beberapa peragaan dilakukan R, dimulai masuk lingkungan sekolah hingga membakar sejumlah titik gedung sekolah. Menurut Agus prarekonstruksi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang terjadinya suatu tindak pidana dengan jalan memperagakan kembali.

Selain itu, dapat digunakan untuk menguji kesesuaian keterangan para saksi atau tersangka. “Kami mendapatkan laporan kebakaran sekolah di ruang prakarya sekitar pukul 03.30 WIB oleh penjaga sekolah. Setelah kami melakukan penyelidikan mengacu kepada data-data CCTV dan data dari sekolah, maka kami lakukan penangkaapan seorang pelaku yang masih anak-anaak dan dia adalah siswa dari SMP ini,” ungkapnya.

Dalam prarekonstruksi tersebut tersangka memperagakan saat memasuki area sekolah hingga membakar empat titik gedung sekolah, yakni di gedung belakang, banner, ruang green house, serta ruang penyimpanan prakarya hingga api merembet ke ruang samping, yakni ruang kelas 9B dan 9C.

“Dari kejadian itu sudah runut dengan fakta CCTV maupun keterangan dari tersangka dan bukti-bukti yang ditinggalkan berupa pecahan botol sebuah minuman,” katanya

Ia menyampaikan R melakukan pembakaran di gedung SMPN 2 Pringsurat Temanggung dengan menggunakan botol kesehatan yang sudah dimodifikasi dengan bahan yang mudah terbakar.

“Dia menggunakan sejenis cairan bahan bakar dan dicampur dengan beberapa gas tertentu, kemudian dimasukkan ke dalam botol dan diberi sumbu kain. Setelah itu disulut menggunakan api,” katanya

Hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait motif tersangka yang nekat membakar gedung sekolahnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Pringsurat Temanggung, Bejo Pranoto, menyampaikan kejadian kebakaran di gedung sekolah itu terjadi pukul 02.00 WIB. Sedangkan api bisa dipadamkan pada pukul 03.00 WIB.

Ia menyebutkan akibat kejadian tersebut, api menghanguskan beberapa ruang kelas, yakni atap kelas 9C dan 9B dan satu ruang penampungan prakarya ludes dilalap api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya