SOLOPOS.COM - Samani Intakoris, ASN Pemkab Kudus yang mengalami mutasi jabatan dari Sekda menjadi Kepala Arpusda. (Instagram)

Solopos.com, KUDUS — Nama Samani Intakoris saat ini tengah menjadi sorotan publik Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) menyusul mutasi jabatan yang menimpanya dari posisi Sekretaris Daerah (Sekda) menjadi Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda). Berikut profil dan jejak karier Samani Intakoris sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, Samani Intakoris merupakan putra asli Kudus kelahiran 21 Juli 1969. Samani menjabat sebagai Sekda Kabupaten Kudus pada 1 Agustus 2018 atau ketika masa kepemimpinan Bupati Musthofa.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Sebelum menduduki jabatan Sekda Kabupaten Kudus, Samani ternyata mengawali karier dari seorang Kepala Quality Control (QC) di PT Indra Karta Konsultan ADB XII pada 1994-1997.

“Inggih [iya, pernah jadi QC] PT Indra Karya [BUMN],” ujar Samani kepada Solopos.com, Rabu (2/8/2023) malam.

Kemudian pada tahun 1998, Samani memutuskan mendaftar menjadi ASN. Tak butuh waktu lama, berbekal kemampuan yang dimiliki, Sam’ani berhasil menjabat sebagai Kepala Seksi Perdagangan dan Industri Badam Perencanaan dan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kodya Kendari pada tahun tersebut.

Memasuki 1999, Samani dipercaya menjadi Kasi Pengairan Bappeda Kodya Kendari. Sambil meniti karier, Samani pun berusaha mengimbanginya dengan mengambil jenjang S2 di Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Lambat laun karirnya di ASN pun terus melejit, di mana pada 2003, Sam’ani kembali ke Kudus dan dipercaya mejabat sebagai Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Sub Dinas Bina Marga DPUK Kudus. Selanjut Samani pernah menjabat sebagai Kasubbag Ekonomi dan Pembangunan Bappeda Kudus pada tahun 2004.

Rangkap Jabatan

Masih di tahun 2004, Samani didapuk menjadi Kasi pertamanan pada Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas lingkungan Hidup, Pertambangan, dan Energi (LHPE). Samani juga menjadi Plt Kabid Kebersihan dan Pertanaman Dinas (LHPE) pada tahun 2007.

Prestasi yang apik, membuat karier Samani kian moncer, terbukti pada 2009 dirinya tercatat menjadi Kabid ESDM Dinas BPESDM Kudus. Memasuki 2010, Samini sudah menampu mengemban jabatan sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kudus. Kemudian setelah dua tahun, tepatnya di tahun 2012, Samani dipercaya mengemban jabatan Kepala Dinas BPESDM Kudus.

Kariernya pun semakin bersinar, di 2012, Samani bahkan harus rangkap jabatan. Tak tanggung-tanggung, Samani merangkap tiga kepala dinas mulai dari Kepala BPESDM, Plt Kepala Kantor Lingkungan Hidup, dan Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar.

Kendati demikian hal tersebut tak berjalan lama. Pada tahun 2017, Samani diminta untuk fokus sebagai Kepala Dinas BPESDM Kudus. Hingga pada akhirnya di 2018, Samani dipercaya kembali untuk rangkap jabatan, yakni merangkap sebagai Plt Kelapa Dinas Perhubungan Kudus. Rangkap jabatan ini berlangsung hingga bulan Juni karena setelah itu dirinya menjadi Sekda Kabupaten Kudus. Kemudian pada Agustus 2023 ini, Samani kembali dimutasi menjadi kepala Arpusda.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kudus. Kemudian di jabatan baru ini [Kepala Arpusda], saya akan belajar lagi untuk inovasi. Mohon dukunganya. Agar anak mencintai membaca, bisa meningkatkan literasi di tren membaca digital saat ini,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya