SOLOPOS.COM - Para pejabat utama Polda Jateng yang mengalami pergantian atau mutasi berfoto setelah acara sertijab di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Selasa (19/12/2023). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak sembilan kepala kepolisian resor atau Kapolres di Jawa Tengah (Jateng) mengalami mutasi atau pergantian menjelang akhir tahun 2023. Kesembilan Kapolres yang mengalami pergantian itu bertugas di wilayah Cilacap, Kabupaten Magelang, Kebumen, Kota Pekalongan, Wonosobo, Blora, Kota Tegal, Banjarnegara, dan Kota Magelang.

Selain sembilan kapolres, rotasi jabatan juga menyasar Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Jateng dan tiga pejabat utama Polda Jateng. Acara serah terima jabatan (sertijab) para pejabat Polda Jateng itu pun digelar di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng, Selasa (19/12/2023) pagi.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam amanatnya saat upacara sertijab mengucapkan terima kasih kepada pejabat ama atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan selama bertugas di Polda Jateng. “Khususnya kepada Brigjen Pol Abioso Seno Aji berserta ibu, secara pribadi dan kedinasan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya yang telah mendampingi kami selama tiga tahun. Harapan saya kelak bisa bertemu kembali dalam kesempatan yang lebih bagus,” ujar Kapolda Jateng.

Brigjen Pol Abioso Seno Aji yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jateng dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri. Sementara posisi Wakapolda Jateng diberikan kepada Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Jateng.

“Kepada Kombes Agus Suryo Nugroho saya ucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Wakapolda Jateng. Saya yakin dan percaya dengan potensi serta kemampuan yang dimiliki akan mampu memberikan terobosan dan pembaruan di Polda Jateng,” imbuh Kapolda Jateng.

Tak ketinggalan, Kapolda juga mengucap selamat datang kepada para pejabat baru, ditegaskan pula bahwa meski sejumlah jabatan mengalami rotasi kepemimpinian, namun program organisasi harus tetap berjalan.

“Sertijab adalah bagian dari tour of duty dan tour of area yang merupakan bentuk pembinaan karir kepolisian, meski sejumlah jabatan mengalami rotasi kepemimpinan, namun program organisasi harus tetap berjalan,” tegas Kapolda.

Kapolda menyebutkan situasi dinamika di wilayah Jawa Tengah semakin berkembang dan saat ini Polda Jateng melaksanakan operasi Kepolisian Mantap Brata terkait pengamanan tahapan Pemilu. Dalam waktu dekat Polda Jateng juga akan menggelar Operasi Lilin Candi terkait pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Berikut sejumlah pejabat Polda Jateng berikut 9 kapolres yang mengalami rotasi:

  1. Brigjen Pol Abioso Seno Aji, sebelumnya Wakapolda Jateng menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri
  2. Kombes Pol Agus Suryonugroho, sebelumnya Dirlantas Polda Jateng menjadi Wakapolda Jateng
  3. Kombes Pol Sonny Irawan, sebelumnya Dirlantas Polda Kaltim menjadi Dirlantas Polda Jateng,
  4. Kombes Pol Rudy Mulyantoko, sebelumnya Irbidjemensdm I Itwil Ii Itwasum Polri diangkat sebagai Irwasda Polda Jateng
  5. Kombes Pol Kukuh Kalis Susilo, sebelumnya Dirintelkam Polda Jateng menjadi Agen Intelijen Kepolisian Utama Tk I Baintelkam Polri
  6. Kombes Pol Bayu Aji, sebelumnya Kabagsumda Rorenmin Baintelkam Polri diangkat sebagai Dirintelkam Polda Jateng,
  7. Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, sebelumnya Kapolresta Cilacap diangkat sebagai Dirlantas Polda Kalbar,
  8. Kombes Pol Ruruh Wicaksono, sebelumnya Kapolresta Magelang diangkat sebagai Kapolresta Cilacap,
  9. Kombes Pol Mustofa, sebelumnya Kapolresta Mataram Polda NTB diangkat sebagai Kapolresta Magelang,
  10. AKBP Albertus Recky Robertho, sebelumnya Kapolres Pekalongan Kota menjadi Kapolres Kebumen,
  11. AKBP Doni Prakoso Widamanto, sebelumnya Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jateng menjadi Kapolres Pekalongan Kota,
  12. AKBP Donny Sardo Lumbantoruan, sebelumnya Kasatreskrim Polrestabes Semarang menjadi Kapolres Wonosobo,
  13. AKBP Agus Puryadi, sebelumnya Kapolres Blora diangkat sebagai Kabagbinops Roops Polda Jateng,
  14. AKBP Jaka Wahyudi, sebelumnya Kapolres Tegal Kota menjadi Kapolres Blora,
  15. AKBP Rully Thomas, sebelumnya Kasibiyan BPKB Subdit BPKB Ditregident Korlantas Polri menjadi Kapolres Tegal Kota,
  16. AKBP Era Johny Kurniawan, sebelumnya Kapolres Banjarnegara diangkat menjadi Kabagwassisdik Ditreskrimsus Polda Jateng,
  17. AKBP Erick Budi Santoso, sebelumnya Kaasubbaaggakplin Baggaktibplin Roprovos Divpropam Polri menjadi Kapolres Banjarnegara,
  18. AKBP Yolnda Evalyn Sebayang, sebelumnya Kapolres Magelang Kota menjadi Wakapolres Metro Tangerang Kota
  19. AKBP Herlina, sebelumnya Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Polda Jatim menjadi Kapolres Magelang Kota,
  20. AKBP Budhnuddin, sebelumnya Kapolres Kebumen diangkat menjadi Wakapolres Metro Jakarta Timur.
  21. AKBP Didik Priyo Sambodo, sebelumnya Wadir Samapta Polda Jateng menjadi Dirpolairud Polda DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya